Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Merokok merupakan aktivitas yang sudah biasa yang banyak dilakukan orang. Merokok menjadi sebuah kebutuhan, karena sudah menimbulkan rasa kecanduan yang lebih. Padahal jika dipikir secara media, merokok memiliki efek berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun efek-efek tersebut tidak dihiraukan bagi perokok, karena mereka berpikir bahwa efek tersebut jangka panjang dan sudah ada rasa candu.

Tidak hanya bagi perokok aktif saja, tetapi asap dari rokok juga berbahaya bagi perokok pasif. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi Anda perokok pasif menjauhi asap dari rokok. Namun hal ini juga lebih beresiko buruk bagi perokok aktif, karena mereka juga menjadi perokok pasif dengan menghisap asap itu sendiri. Berikut ini adalah bahaya merokok bagi kesehatan yang akan membuat Anda berpikir kedua kali sebelum Anda merokok.

Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Bahaya Merokok bagi Kesehatan

  • Dapat menyebabkan penyakit stroke dalam tubuh. Stroke merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kelumpuhan. Bahkan yang berbahaya kelumpuhan tersebut dapat bersifat permanen. Merokok memiliki efek yang dapat menimbulkan seseorang terkena penyakit stroke. Nah oleh sebab itu, sebaiknya berhenti merokok atau juga menjauhi rokok untuk menghindari zat berbahaya di dalamnya.
  • Dapat menimbulkan serangan jantung. Kandungan nikotin di dalam rokok merupakan zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah dalam tubuh, denyut jantung, penyempitan dari pembuluh darah, dan juga meningkatnya aliran darah ke jantung. Nikotin inilah yang menjadi penyebab seseorang dapat terkena serangan jantung. Mengingat sangat berbahayanya zat ini, sebaiknya Anda mulai berhenti untuk merokok.
  • Selain nikotin di dalam rokok juga mengandung tar. Kandungan tar ini yang dapat memicu terjadinya penyakit pada paru-paru. Selain itu kandungan tar juga dapat menyebabkan warna cokelat pada gigi dan juga pada kuku.
  • Selain nikotin kandungan karbon monoksida juga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, pengerasan pada bagian arteri, dan berbagai penyakit lainnya. Karbon monoksida ini terdapat pada asap rokok yang kemudian dihirup lagi dan masuk ke dalam aliran darah tubuh. Baca juga Cara Memutihkan Gigi yang Benar
  • Bagi perempuan yang merokok juga memiliki efek berbahaya. Efek berbahaya disebabkan zat-zat di atas yang dapat memicu terjadinya melahirkan bayi dengan berat yang tidak normal (dalam arti berat yang rendah), meningkatkan resiko kelahiran prematur, dan juga bahaya gangguan kehamilan lainnya.
  • Bahaya merokok bagi kesehatan berikutnya adalah menyebabkan diabetes militus tipe 2. Perokok aktif rawan terkena diabetes tipe 2 sekitar 30 sampai 40% lebih tinggi dibandingkan dengan perokok pasif atau non perokok. Ini juga menyebabkan seseorang akan lebih susah dalam mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Menyebabkan berbagai penyakit kanker. Rokok mengandung zat arsenik yang dapat memicu terjadinya berbagai kanker dalam tubuh seperti kanker darah, kanker perut, kanker paru-paru dan juga kanker limfa. Tidak hanya itu saja terdapat zat Benzene yang dapat menyebabkan leukemia.

Itulah tadi artikel mengenai bahaya merokok bagi kesehatan. Meskipun memiliki efek dalam jangka waktu lama, sebaiknya tidak untuk merokok dan berhenti bagi yang sudah terlanjur merokok untuk menjaga kesehatan tubuh. Baca juga artikel Cara Merawat Sepatu Kulit

loading...
terms: bahay merokok bagi manusia karangan