Bahaya Menyalakan Lampu Saat Tidur yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Kesehatan

Tidur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga metabolisme tubuh setelah aktivitas seharian. Terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tidur khususnya saat malam hari. Setelah aktivitas seharian, tubuh tentunya mengalami kelelahan untuk itu diperlukan yang namanya istirahat. Pada umumnya tidur berkualitas memiliki waktu selama 8 jam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Namun jika seseorang tidur lebih dari 8 jam sehari juga dapat menyebabkan obesitas, sebaliknya jika waktu tidur kurang juga menimbulkan resiko pada kesehatan. Salah satunya efek kurang tidur adalah kelelahan pada tubuh serta dapat menimbulkan beberapa penyakit lainnya. Namun tahukah Anda bahwa tidur dengan kondisi lampu menyala tidak baik untuk kesehatan?

Sebagian orang beranggapan bahwa mereka lebih suka tidur dengan kondisi lampu menyala. Sebenarnya hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan tubuh. Menurut beberapa penelitian medis yang dilakukan dalam kondisi lampu menyala saat tidur malam hari menimbulkan berbagai masalah kesehatan meskipun dalam jangka waktu yang lama. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja bahaya menyalakan lampu saat tidur, silahkan simak dan ikuti pembahasannya yang satu ini!

Berikut Bahaya dari Menyalakan Lampu Saat Tidur

Tidur saat malam hari dengan kondisi lampu menyala dapat menghambat produksi dari Melatonin. Hormon tersebut berfungsi untuk mencegah serta menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh. Bahaya Menyalakan Lampu Saat Tidur yang Perlu DiperhatikanDengan begitu pada saat menyalakan lampu saat tidur memiliki resiko munculnya sel kanker pada tubuh untuk jangka waktu yang lama. Untuk itu sangat dianjurkan sekali bahwa ketika tidur malam hari alangkah baiknya untuk mematikan lampu agar hormone Melatonin mampu bekerja serta memproduksi secara optimal.

Tidur di malam hari dengan kondisi lampu menyala juga tidak baik untuk wanita. Ini dikarenakan paparan dari lampu yang memicu resiko kanker payudara serta kanker usus besar pada wanita. Oleh sebab itu untuk para ibu atau remaja wanita sebaiknya memulai membiasakan diri untuk tidur tanpa penerangan lampu yang terang mengingat resiko yang dimilikinya.

Berdasarkan laporan OHIO State University Medical Centre bahwa tidur dengan lampu menyala juga dapat menimbulkan perubahan struktur pada kinerja otak serta menimbulkan depresi dan rasa tidak tenang.

Bahaya menyalakan lampu saat tidur yang berikutnya adalah jam biologis pada tubuh yang terganggu. Akibat dari hal ini adalah timbulnya gangguan tidur atau disebut dengan insomnia, selain itu juga memicu resiko kardiovaskular serta gangguan metabolisme pada tubuh. Insomnia atau susah tidur merupakan suatu hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang, karena sangat menyiksa yang menimbulkan tubuh mengalami kelelahan di esok harinya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa efek bahaya menyalakan lampu saat tidur yang perlu diperhatikan. Untuk lebih amannya sebaiknya mematikan lampu ketika tidur di malam hari.