Bahaya Memakai Lensa Kontak

By Categories : Kesehatan

Lensa konta atau lensa mata merupakan sejenis lensa yang berfungsi untuk mengganti kegunaan kaca mata minus atau plus yang lebih efisien dan praktis. Maka  dengan kehadiran lensa kontak akan semakin membuat penderita tidak repot dengan menggunakan kacamata. Namun sayang sekali dengan semakin berkembangnya dunia fashion, menjadikan lensa kontak hanya sebagai pelengkap fashion seseorang saja.

Bahaya Memakai Lensa Kontak

Perlu Anda tahu lensa kontak memang memiliki manfata yag sangat baik bagi kesehatan mata dimana dapat membantu penglihan seseorang sesuai dengan kebutuhan. Namun hal itu dapat berbanding sebaliknya, diaman justru dapat membahayakan bagi kesehatan mata jika tidak digunakan dengan bak. Apakah Anda tahu bahaya memakai lensa kontak ? Jika tidak tahu maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini !

Inilah Bahaya Menggunakan Lensa Kontak

Iritasi Mata

Menggunakan lensa kontak atau softlens yang dilakukan secara terus menerus dan tidak sesuai dengan anjuran. Maka akan berdampak buruk bagi kesehatan mata, dimana akan dapat menyebabkan iritasi pada mata. Nah jika Anda ingin menghindari hal itu terjadi, sebaiknya selalu menjaga selalu kebersihan lensa kontak dengan baik agar tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan mata.

Infeksi Kornea

Bahaya menggunakan lensa kontak selanjutnya adalah dapat menimbulkan infeksi kornea. Infeksi ini disebabkan karena adanya kuman, virus dan jamur yang berada pada jamur dan menimbulkan infeksi kornea. Hal ini lagi-lagi juga disebabkan akibat kebersihan lensa yang tidak baik. Maka dengan begitu bagi Anda yang menggunakan selalu menjaga kondisi kebersihan lensa kontak agar tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan mata.

Hypopia

Hypopia merupakan salah satu keadaan yang membuat ukuran lensa menjadi kecil ataupun besar, yang membuat tidak nyaman saat digunakan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi maka sebaiknya pada saat memilih lensa usahakan selalu memilih kondisi yang baik. Selain itu ketahui juga kadar air mata yang sesuai dengan lensa yang hendak ingin Anda pakai. Seperti misalnya jika memiliki kadar air majta banyak, maka sebaiknya memilih lensa kontak yang memiliki kadar air yang sedikit.

Edema

Merupakan sebuah penyakit mata menyebabkan mata menjadi merah dan berair ketika melepas kontak mata. Hal ini dikarenakan mata mengalami kekurangan oksigen dan kelelahan yang membuat pandangan menjadi kabur. Nah jika sudah mengalami kondisi yang seperti ini, sebaiknya untuk dihentikan penggunaan lensa kontak tersebut. Supaya tidak semakin memperparah kondisi kesehatan mata.

Blepharritis

Menggunakan lensa kontak  tidak setiap orang cocok, sehingga tidak jarang dari mereka kerap kali mengalami gangguan pada mata seperti terjadi inflamasi pada kelopak mata. Gejala yang akan ditimbulkan dari penyakiy ini adalah terasa terbakar atua panas, munculnya kerak pada kelopak mata dan pembuat pembuluh darah di sekitar bola mata menjadi jelas. Adapun cara untuk mengobati adalah dengan cara mengompres dengan menggunakan air hangat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bahaya menggunakan lensa kontak yang dapat Anda ketahui. baca juga Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Softlens