Bahaya Makanan Ringan bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Makanan

Saat ini terdapat berbagai macam makanan yang bisa dikonsumsi secara cepat dan mudah didapatkan. Makanan instant salah satunya yang sering dikonsumsi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Makanan instan menjadi alternatif bagi kebanyakan orang yang tak ingin repot termasuk juga makanan ringan. Makanan ringan tak berbeda jauh dengan makanan instan mengingat makanan ini rendah akan nutrisi dan tidak membuat kenyang meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Bahaya Makanan Ringan bagi Kesehatan Tubuh

Terlalu sering mengonsumsi makanan ringan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Nah untuk Anda sebagai orang tua perlu mengetahui bahaya mengenai makanan ringan yang biasanya banyak digemari anak-anak. Lalu apa saja bahaya makanan ringan untuk kesehatan tubuh? Yuk langsung saja ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Bahaya Makanan Ringan beserta Zat Berbahaya di Dalamnya

Makanan Ringan Mengandung Monosodium Glutamat(MSG)

Dapat dibilang bahwa MSG (Monosodium Glutamat) terkandung di dalam semua jenis makanan ringan. MSG atau dikenal juga dengan vetsin ini berguna dalam memberikan rasa gurih pada makanan ringan yang menarik banyak anak-anak untuk mengonsumsinya. Nah ketika makanan ringan yang mengandung banyak MSG atau vetsin dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih dan terlalu sering, hal tersebut dapat menyebabkan dampak negatif bagi tubuh diantaranya seperti dapat menyebabkan pusing pada kepala, menurunkan daya ingat otak anak, rasa ketagihan untuk terus mengonsumsinya, sampai dengan dapat menyebabkan penyakit kanker dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu jika si anak sering mengosumsi makanan ringan, ada baiknya untuk mengurangi dan mengonsumsi makanan sehat seperti salad, sayur, ataupun buah.

Mengandung Pewarna Makanan

Seperti halnya dengan MSG, banyak makanan ringan yang mengandung pewarna makanan. Pewarna makanan pada makanan ringan berfungsi juga untuk menarik perhatian pada anak-anak untuk mengonsumsinya. Pewarna makanan pada makanan ringan juga memiliki efek buruk untuk kesehatan tubuh jika terlalu sering dalam mengonsumsinya. Efek buruk tersebut diantaranya seperti dapat menyebabkan iritasi pada kulit, dapat menimbulkan gangguan pada organ hati, serta mengandung zat karsinogenik yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

Mengandung Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat

Bahaya makanan ringan berikutnya adalah dapat menyebabkan kerusakan pada kelenjar tiroid dan dapat menyebabkan batuk. Penyakit tersebut dapat disebabkan karena kandungan natrium benzoate dan kalium benzoat yang terdapat pada banyak makanan ringan yang beredar di pasaran. Kedua zat tersebut merupakan pengawet dalam makanan ringan yang berfungsi agar makanan ringan dapat bertahan dalam jangka lama di dalam kemasan.

Mengandung Aspartam

Aspartam merupakan bahan kimia yang juga terdapat dalam kemasan makanan ringan. Aspartam sering dijadikan sebagai pengganti gila dalam makanan ringan. Bahaya yang dapat ditimbulkan dari makanan ringan yang juga mengandung aspartame ini diantaranya seperti dapat menyababkan penyakit limfoma sampai dengan penyakit berbahaya seperti leukemia.

Nah itulah tadi pembahasan menganai bahaya makanan ringan bagi kesehatan tubuh beserta zat yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua memberikan pengertian mengenai bahaya makanan ringan pada anak. Baca juga artikel mengenai Cara mengawetkan makanan secara alami.

Loading...
terms: akibat makan makanan ringan, artikel bahaya makanan ringan, bahaya makanan ringan, bahaya memakan makanan ringan, bahaya mengkonsumsi makanan ringan, bahayanya makan ringan, dampak makanan ringan, dampak negatif mengkonsumsi makanan ringan, kesehatan makanan