Bahaya Gula Darah Rendah bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Gula merupakan salah satu asupan nutrisi yang harus kita penuhi dan cukupi dalam setiap harinya. Hal ini dikarenakan gula akan diolah di dalam tubuh menjadi energi. Energi tersebutlah yang dapat membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Gula darah rendah atau hipoglikemia terjadi karena kadar gula dalam darah seseorang kurang dari 200 atau 100 mg/dl.

Gula Darah Rendah

Biasanya seseorang yang rentan menderita hipoglikemia adalah seorang penderita diabetes. Hal ini dikarenakan efek samping dari obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan kadar gula. Pada umumnya penderita penyakit diabetes memang dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan penurun kadar gula, namun terlalu banyak obat yang dikonsumsi serta pola makan yang tidak dijaga justru dapat membuat kadar gula menurun secara drastis sehingga menyebabkan hipoglikemia.

Selain itu, beberapa hal yang menyebabkan hipoglikemia adalah terlalu banyak mengonsumsi alkohol, mengonsumsi obat anti diabetes, mengidap penyakit tertentu, seperti hepatitis dan lainnya. Lalu apa saja bahaya gula darah rendah bagi kesehatan tubuh? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Bahaya tekanan gula darah yang terlalu rendah

Lapar luar biasa

Yang pertama dapat menyebabkan kelaparan. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi dan juga tenaga. Dampak lanjutan dari hal ini juga dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga, sehingga ketika sedang melakukan pekerjaan seorang pendertia hipoglikemia sangat sulit untuk berkonsentrasi dan fokus. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan dampak lainnya seperti maag, dan rasa perih pada bagian lambung.

Jantung berdebar-debar

Berikutnya  adalah dapat menyebabkan jantung berdebar-bedar. Detak jantung terlalu cepat dan berdebar-bedar dapat memicu keluarnya keringat dingin yang berlebihan. Tak hanya itu saja seseorang yang menderita hipoglikemia juga akan memiliki resiko tinggi terkena penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung.

Tidak sadarkan diri dalam waktu lama

Ketika seseorang kekurangan gula dalam darahnya, maka seseorang tersebut dapat pingsan atau tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama. Hal ini juga dapat diperparah dengan  aktivitas berat yang ia lakukan. Jika sudah drop dan tidak sadarkan diri, penderita hipoglikemia harus segera mendapatkan perawatan dan penanganan.

Memicu kerusakan otak

Bahaya gula darah rendah selanjutnya adalah dapat memicu kerusakan otak.  Seseorang yang kekurangan asupan gula juga dapat menyebabkan masalah yang satu ini. Karena persediaan glukosa yang menuju ke otak tentu saja akan berkurang. Jika tidak diatasi penderita hipoglikemia dapat tidak sadarkan diri, dan jika tidak segera mendapatkan penanganan  otak tidak bisa mendapatkan suplai glukosa yang pada akhirnya menyebabkan otak mati dan rusak.

Efek yang ditimbulkan berlangsung cepat

Berbeda dengan orang yang kelebihan glukosa (hiperglikemia) yang masih memiliki waktu lumayan panjang untuk merasaka efeknya, seseorang yang menderita hipoglikemia bisa saja langsung mendapatkan efek buruknya. Penanganan terlambat pada penderita hipoglikemia dapat menyebabkan kematian.

Bagi penderita gula darah rendah salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah memberikan makanan manis seperti kue, es krim dan lainnya. Jika sudah tidak sadarkan diri, segeralah bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan suntikan glukosa dan penangangan lainnya.

Baca juga akibat tekanan darah rendah dan cara mengatasinya.