Bahaya dan Akibat Operasi Plastik Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Memiliki wajah cantik dan bentuk tubuh yang sempurna merupakan impian bagi setiap orang. Hingga saat ini banyak orang yang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan hal tersebut. Misalnya saja untuk memiliki kulit putih dan badan langsing mereka memilih menggunakan krim-krim pemutih dan mengonsumsi obat pelangsing tubuh. Namun tak hanya berhenti sampai di situ mereka yang memiliki budget lebih biasanya akan memilih cara instan yaitu dengan operasi plastik.

Akibat Operasi Plastik

Jika berhasil, operasi plastik memang dapat menjamin bentuk wajah dan tubuh sesuai yang kita inginkan. Akan tetapi meskipun begitu operasi plastik juga memiliki bahaya dan akibat bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang ingin melakukan hal ini, sebaiknya urungkanlah niat tersebut. Krena berikut adalah akibat operasi plastik bagi kesehatan.

Bahaya dan efek samping operasi plastik

Meninggalkan bekas luka

Melakukan sebuah operasi tentu saja akan dilakukan proses pembedahan. Setelah operasi selesai akan dijahit kembali. Meskipun sudah dilakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan bekas luka tersebut, tentu saja luka akibat pembedahan itu tidak dapat hilang 100 %.

Resiko peradangan

Selain meninggalkan bekas luka, operasi plastik juga dapat meningkatkan resiko peradangan. Karena bekas luka yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi dan peradangan. Tentu saja hal ini dapat membuat kondisi tubuh lebih lemah dan buruk setelah operasi.

Dapat menyebabkan kematian

American Society of Plastic Surgeons menyatakan bahwa lemak hanya boleh diambil yaitu sekitar 6 pons dalam sekali sedot. Jika melebihi batas tersebut, maka dikhawatirkan pasien akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan aliran darah dan okisgen menuju ke jantung dan otak terganggu. Jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan shock tubuh yang berujung pada kematian mendadak.

Menyebabkan rasa nyeri

Akibat operasi plastik bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyebabkan rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut dapat muncul beberapa jam setelah melakukan operasi. Salah satu jenis operasi yang paling menyakitkan adalah operasi plastik dibagian perut atau yang sering disebut dengan abdominoplasty.

Menyebabkan sakit kepala

Kepala merupakan salah satu organ tubuh paling sensitif. Karena di dalam kepala terdapat otak yang mengatur segala macam koordinasi tubuh.  Operasi plastik yang Anda lakukan juga dapat menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Tak hanya itu saja, operasi juga dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan juga rasa mati pada wajah.

Terjadinya pendarahan

Efek samping berikutnya adalah terjadinya pendarahan. Jika pendarahan tidak dapat diatasi tentu saja hal ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti pembekuan darah, kulit biru kehitaman, ataupun hematoma atau kulit gosong. Dan jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi bermasalah dan infeksi.

Demikianlah ulasan mengenai bahaya dan akibat operasi plastik untuk kesehatan tubuh. Baca juga artikel terkait lainnya efek samping sulam alis bagi kesehatan tubuh.

Loading...