Bahaya Air Isi Ulang yang Wajib Diketahui

By Categories : Kesehatan

Saat ini terdapat berbagai macam depot isi ulang galon air minum yang tersebar di berbagai daerah. Air isi ulang. Air isi ulang memang terbilang sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya. Selain sangat mudah dan praktis, air isi ulang juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan air galon dengan merk resmi yang sudah terbukti akan kualitasnya.

Bahaya Air Isi Ulang yang Wajib Diketahui

Namun dibalik kemudahannya tersebut terdapat beberapa hal yang patut diwaspadai bagi mereka yang sering menggunakan air minum isi ulang. Air minum isi ulang lebih beresiko menyimpan bahaya bagi kesehatan tubuh, jika proses sterilisasi peralatan yang digunakan oleh depot isi ulang air minum tersebut. Nah lalu apa saja bahaya air isi ulang tersebut dan apa saja faktor penyebabnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Bahaya Isi Ulang yang Wajib Diketahui

Penggunaan air isi ulang saat ini memang menjadi hal yang sudah umum di kalangan masyarakat Indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya penyedia air isi ulang galon yang tersedia di komplek-komplek perumahan. Berdasarkan Institut Pertanian Bogor serta Badan pengawasan Obat dan Makanan menyatakan penelitian mereka yang dilakukan pada depot yang menyediakan air isi ulang menghasilkan bahwa air minum isi ulang diketahui tercemar oleh bakteri serta terkontaminasi oleh logam berat kadmium.

Belum lagi proses pencucian galon yang kurang steril diisi kembali yang diyakini dapat menyumbangkan berbagai bakteri di dalamnya. Rata-rata 50 persen air isi ulang mengandung bakteri yang disebuk E.coli. Nah oleh sebab itu ketika masyarakat membeli air isi ulang disarankan untuk memasaknya kembali. Oleh sebab itu air isi ulang dapat berdampak bagi kesehatan seperti sakit perut, gejala pusing, tipus, dan banyak lagi.

Selain itu air isi ulang menimbulkan resiko diare 3 kali lebih tinggi pada bayi yang minum air isi ulang ketimbang dengan bayi yang tidak minum air isi ulang alias minum air galon dengan merk yang terpercaya. Faktor-faktor penyebab air galon isi ulang tidak sehat seperti lokasi depot yang tidak bersih, dikarenakan letaknya yang kurang bersih sehingga beresiko bakteri ataupun virus menempel pada peralatan yang sering digunakan oleh pemilik depot air isi ulang.

Proses pembersihan galon juga turut menjadi faktor penyebab air galon isi ulang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu faktor lainnya adalah peralatan pengisian air tidak steril seperti keran pengisian, tangki penampungan air, dan alat pembersih lainnya. Perlu diketahui pula suplai air minum yang kurang jelas asalnya, berbeda dengan merk terkenal yang sudah tahu dari mana asalnya.

Oleh karena itu ketika memilih depot air isi ulang, usahakan untuk memilih depot resmi dan sudah tersertifikasi dan bisa dipertanggung jawabkan. Namun jika Anda masih ragu, dapat membeli air minum galon dengan merek terpercaya yang sudah terkenal kualitasnya.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai bahaya air isi ulang yang wajib diketahui. Baca Juga Tips Merawat Kulit Wajah Pria Secara Alami