Bahan Alami Pencegah keracunan fluoride

By Categories : Tips

Sudah tak asing lagi kan apa itu fluoride. Fluoride adalah salah satu zat yang dapat ditemukan di banyak produk saat ini. Mulai dari pasta gigi, obat, hingga alat rumah tangga. Fluoride dapat dimanfaatkan dalam beragam bentuk produk, namun yang perlu anda tahu bahwa bahan ini juga bisa menyebabkan keracunan.

Meskipun kalsium fluoride pada dasarnya merupakan bahan alami yang dapat ditemukan di air laut, tapi sodium fluoride yang dipakai pada air juga dapat berbahaya untuk kesehatan. Sangat penting untuk diketahui dan untuk selalu waspada terhadap kemungkinan timbulnya keracunan fluoride.

keracunan fluoride

Walaupun saat ini fluoride ada dalam berbagai macam produk dan nyaris tak dapat dihindari, namun anda tak perlu khawatir. Ada cara untuk mencegah keracunan fluoride, yakni menggunakan kunyit. Salah satu jenis rempah ini diyakini memiliki zat yang mampu mencegah fluoride meracuni tubuh.

Sebuah penelitian yang diungkapkan dalam Pharmacognosy Magazine menyimpulkan bahwa zat curcumin yang ada dalam kunyit mampu melemahkan efek bahaya yang disebabkan oleh fluoride pada tubuh. Penelitian ini juga membuktikan bahwa fluoride dapat memberikan efek negatif pada otak.

Seorang Peneliti dari Department of Zoology di University College of Science juga menyatakan bahwa fluoride dapat menyebabkan efek negatif pada sistem saraf manusia, terutama sel pada otak & cerebral cortex, seperti dilansir oleh Daily Health Post.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mendapat paparan fluoride hingga 120 ppm dalam sehari dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan pada sel saraf otak manusia. Tapi suplemen yang berisi curcumin dari kunyit bisa mengurangi efek racun dari fluoride hingga nyaris mendekati normal.

Semoga ulasan kami kali ini ini tentang Bahan Alami Pencegah keracunan fluoride, dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama untuk menjaga hidup sehat.

Loading...