Bagian-Bagian Mata dan Fungsi Lengkap

By Categories : Pendidikan

Mata merupakan salah salah satu indra yang memiliki fungsi untuk melihat objek di sekitar maupun yang berada di jauh. Mata tersusun atas bagian-bagian yang memiliki masing-masing fungsi. Pentingnya peran dari mata, sudah sebaiknya kita perlu menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dengan kandungan vitamin A seperti sayur dan buah-buahan.

Mata akan bekerja dengan baik ketika menerima cahaya, sehingga dapat melihat lingkungan sekitar dengan jelas. Pada pembahasan kali ini membahas mengenai bagian-bagian mata dan fungsi lengkapnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Bagian-Bagian Mata dan Fungsi Lengkap

Berikut Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

  • Kornea

Kornea merupakan salah satu bagian pada mata yang memiliki fungsi untuk menerima dan membantu meneruskan cahaya ketika masuk ke dalam mata. Selain itu kornea juga memiliki fungsi untuk membantu perlindungan pada bagian mata yang sensitive. Ketika cahaya diterima oleh kornea kemudian diteruskan pada bagian mata lainnya yang berakhir di bagian retina.

  • Pupil

Bagian berikutnya adalah pupil. Pupil merupakan salah satu bagian mata yang memiliki fungsi sebagai tempat masuknya cahaya dengan mengatur banyaknya cahaya yang masuk. Fungsi dari pupil hampir sama pada bagian kamera yakni diafragma yang juga mengatur banyaknya cahaya yang masuk pada kamera. Pupil terletak di tengah iris.

  • Iris

Sementara untuk bagian iris berfungsi untuk membatasi banyaknya jumlah cahaya yang masuk ke iris dengan mengatur pembesaran pada pupil dan sebagai pemberi warna mata. Letak dari iris di belakang bagian korena dan di tengah bola mata. Biasanya setiap bangsa memiliki warna iris yang berbeda.

  • Otot Mata

Untuk bagian otot mata berfungsi untuk menyangga lensa mata serta membantu mengatur besar kecilnya lensa.

  • Vitreus humor

Vitreus humor berfungsi untuk membantu meneruskan cahaya dari lensa menuju bagian retina. Vitreus humor memiliki bentuk berupa cairan bening yang mengisi bagian rongga mata.

  • Aqueous humor

Bagian mata berikutnya adalah Aqueous humor. Fungsi dari Aqueous humor membantu membiaskan cahaya agar masuk ke bagian dalam mata.

  • Lensa Kristalin (Mata)

Lensa kristalin memiliki peran penting untuk membantu mengatur letak dari bayangan agar jatuh tepat di bintik kuning. Lensa mata ini membantu untuk memfokuskan cahaya serta meneruskannya agar jatuhnya tepat pada bagian retina.

  • Bintik Buta

Untuk bagian yang satu ini paling peka dan ketika bayangan jatuh pada bintik buta, maka bayangan tersebut nampak kabur.

  • Bintik Kuning

Bintik Kuning merupakan salah satu bagian dari retina yang memiliki fungsi untuk terbentuknya bayangan dengan jelas.

  • Retina

Bagian-bagian mata berikutnya adalah retina. Retina terletak di belakang dinding bola yang merupakan tempat bayangan yang akan dibentuk. Istilah lainnya adalah selaput jala, bagian ini sangat peka terhadap cahaya. Retina pada mata berfungsi untuk menangkap cahaya yang kemudian dteruskan pada saraf mata. Setelah itu cahaya akan diterima oleh ujung saraf yang terdapat di selaput jala.

  • Saraf Optik

Saraf optik berfungsi meneruskan rangsang cahaya dari retina yang dikirim menuju ke otak.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai bagian-bagian mata dan fungsi lengkapnya yang dapat Anda ketahui.

terms: bagian mata lengkap, gambar lengkap bagian-bagian mata, bagian bagian mata lengkap, FDN pada lenovo a1000 menerima panggilan, gambar bagian mata lengkap