Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya

By Categories : Umum

Bunga merupakan alat reproduksi seksual bagi tumbuhan angiospermae atau tumbuhan berbiji tertutup. Pada bunga terdapat alat reproduksi yaitu benang sari dan juga putik. Seperti yang Anda ketahui bagian tanaman yang indah ini tidak hanya memiliki bagian  benang sari dan juga putik melainkan memiliki bagian-bagian lain yang memiliki fungsi yang berbeda.

Baca juga Bunga paling langka di dunia.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya. Berikut adalah penjelasannya!

bunga

Bagian-bagian bunga dan fungsinya

Tangkai bunga

Bagian bunga yang pertama adalah tangkai. Tangkai bunga adalah bagian yang sering Anda jumpai, seperti yang Anda ketahui tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah. Sehingga tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai dan juga ranting.

Mahkota bunga

Bagian bunga yang ke dua adalah mahkota. Mahkota bunga merupakan bagian bunga  yang mempunyai varian warna yang menarik. Dengan variasi warnanya, mahkota bunga juga sering disebut dengan perhiasan bunga. Sehingga mahkota berfungsi sebagai pemikat serangga-serangga untuk melakukan proses penyerbukan.

Kelopak bunga

Kelopak bunga atau sepal adalah bagian bunga yang berbentuk seperti daun. Sehingga kelopak sendiri berfungsi untuk melindungi mahkota bunga saat belum mekar atau masih kuncup.

Benang sari dan putik

Seperti yang Anda ketahui benang sari dan putik merupakan organ reproduksi bagi bunga itu sendiri. Benang sari merupakan alat kelamin jantan sedangkan putik berfungsi sebagai alat kelamin betina.  Untuk bagian putik sendiri terdapat dua bagian yaitu kepala putik dan tangkai putik.

Dasar bunga

Dasar bunga berada pada bunga bagian bawah yaitu di atas tangkai bunga. Dasar bunga sendiri berfungsi sebagai tempat kedudukan bunga itu sendiri.

Pada dasarnya bunga ada dua macam yaitu bunga sempurna dan tidak sempurna. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki bagian bunga yang lengkap seperti yang telah saya jelaskan di atas.  Seperti mawar, melati, bunga sepatu, dll.

Sedangkan bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki satu alat alat kelamin baik putik atau benang sari. Contohnya : salak, siwalan, melinjo, jagung dan juga kelapa.

Sekian penjelasan bagian-bagian bunga dan fungsinya dari saya. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi Anda :)

Baca juga artikel lainnya jenis tanaman hidroponik yang sering dibudidayakan.

Loading...
terms: bagian bunga, bagian bagian bunga, bagian bagian bunga sepatu, bagian bagian bunga sepatu dan fungsinya, bagian bunga sepatu, fungsi mahkota bunga, fungsi bagian bunga, fungsi bagian bunga sepatu, bagian bunga dan fungsinya, bagian bagian bunga dan fungsinya, bagian bagian bunga Mawar, fungsi bagian bagian bunga