Badai Tornado Terdahsyat di Dunia

By Categories : Berita

Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang  yang membentuk antara awan cumolonimbus. Tornado biasanya muncul  dalam banyak ukuran, namun pada umumnya tornado berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas. Tak hanya itu saja, pada umumnya angin tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam dengan rata-rata jangkauan 75 m ataupun lebih dari itu. Nah berikut adalah badai tornado terdahsyat di dunia.

St Louis Tornado

Badai tornado yang tercatat dalam sejarah

St Louis Tornado

Badai tornado terdahsyat di dunia yang pertama adalah St Louis Tornado. Badai yang terjadi pada tanggal 27 Mei 1896 merupakan salah satu paling mematikan dalam sejarah di Amerika Serikat. Tornado ini menyapu rumah sakit, salon-salon, gereja, kereta api serta pabrik yang ada di sebelah barat Jembatan Eads di St Louis. Tak hanya itu saja, badai tornado ini menyebabkan kerugian hingga $10.000.000 dan juga korban jiwa sebanyak 137 orang.

Tri State Tornado

Yang kedua adalah Tri State Tornado. Badai tornado ini mampu membunuh 700 orang dan menghancurkan lebih dari 15.000 ribu rumah di wilayah Illinois, Missouri dan juga Indiana. Selama lebih dari tiga setengah jam tornado ini menyerang Amerika Serikat. Tak hanya itu saja Tri State Tornado merupakan tornado yang paling mematikan yang telah merusak daratan utama AS.

The Gainesville Tornado

Badai tornado terdahsyat di dunia selanjutnya adalah The Gainesville Tornado. Akibat Tornado ini, sekitar 254 rumah rusak parah dan juga 750 hancur. Tornado ini dimulai dari arah Timur Laut kemudian melalui pusat kota Gainesville, Georgia. Selain menyebabkan rumah hancur, badai tornado yang terjadi pada tanggal 6 April 1936 juga menewaskan orang hingga 203 orang, 40 masih hilang, beberapa bangunan hanyut dan juga pabrik-pabrik runtuh.

Woodward Tornado

Pada tanggal 9 April 1947 badai tornado yang terjadi di Woodward menewaskan sedikitnya 107 orang dan sebagian besar di bagian Utara kota menewaskan ratudan orang dan 1.000 orang terluka. Kerugian yang disebabkan oleh tornado ini lebih dari $ 6.000.000.

New Richmond Tornado

Tornado ini dimulai dari sebuah angin puting beliung yang terjadi di danau St Croix yang kemudian pindah ke arah Timur laut New Richmond. Tornado yang melewati tengah alun-alun kota ini menyebabkan puluhan orang tewas hingga lebih dari 300 gedung rusak dan hancur berantakan. Dan kerugian diperkirakan mencapai US $  300.000.

Waco Tornado

Tornado yang terjadi pada tanggal 11 Mei 1953 ini menyebabkan sekitar 200 bangunan usaha hancur serta 400 lebih rusak parah. Kerugian yang disebabkan oleh tornado ini diperkirakan mencapai $ 41.000.000. akibat badai ini sekitar 700 rusak dan 150 rumah hancur.

Nah itulah beberapa badai tornado terdahsyat di dunia. Baca juga artikel mengenai Pemimpin negara paling berpengaruh di dunia.