Atlet Berhijab di Olimpiade Rio 2016 yang Jadi Perhatian Dunia

By Categories : Umum

Olimpiade Rio 2016 merupakan salah satu ajang yang menjadi sorotan dunia. Menjadi salah satu turnamen terbesar di dunia, membuat turnamen pada tahun ini disambut baik oleh para atlet-atlet di seluruh dunia. Olimpiade yang diselenggarakan di Brazil pada tanggal 6 Agustus ini pun diikuti oleh sejumlah atlet-atlet di seluruh dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Bahkan pada saat upacara pembukaan, Indonesia termasuk ke dalam negara dengan kostum terbaik di Olimpiade Rio.

Tak hanya ingin mendapatkan gelar dengan kostum negara terbaik dalam upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016, setiap atlet tentunya ingin berlomba-lomba mendapatkan medali emas untuk negara kelahirannya. Dalam kompetisi ini para peserta harus berkompetisi dengan sportif, adil dengan perserta lain yang akan menjadi pesaingnya.

Namun tahukah Anda, selain petarungan untuk mendapatkan kemenangan ada hal lain yang menjadi perhatian dan sorotan dunia yaitu adanya wanita berhijab yang ikut memeriahkan olimpiade tersebut. Bukan di Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam, melainkan salah satu atlet dari negara yang minoritas agama Islam. Pastinya Anda penasaran kan? Berikut adalah daftar para atlet berhijab di Olimpiade Rio yang menjadi sorotan dan perhatian dunia.

4 Atlet Berhijab di Olimpiade Rio 2016 yang Jadi Sorotan Dunia

Ibtihaj Muhammad – Amerika Serikat

Ibtihaj Muhammad

Ibtihaj Muhammad

Yang pertama adalah Ibtihaj Muhammad seorang atlet anggar berhijab dari Amerika Serikat. Seperti yang kita ketahui Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang penduduk Islamnya masih sangat sedikit. Dan bahkan ada beberapa warga Amerika Serikat menganggap Islam dan wanita berhijab adalah seorang teroris.

Namun pada kali ini pendapat tersebut tentu saja mengagetkan para warga Amerika, sebab salah satu atletnya yang berjuang di Olimpiade Rio adalah seorang muslim yang berhijab. Ibtihaj sendiri adalah wanita keturunan Afrika-Amerika yang lahir di New Jersey pada tanggal 4 September 1985.

Atlet berhijab pertama asal Amerika Serikat ini masuk dalam daftar atlet mewakili Amerika Serikat di Olimpiade Rio dalam bidang anggar. Ibtihaj Muhammad juga bertekad membanggakan negara dan komunitas Muslim Amerika Serikat di tengah kesulitan kehidupan kaum muslim di sana. Berkat usaha dan kerja kerasnya, ia pun berhasil menyumbang medali perunggu untuk negaranya tersebut.

Aia Mohamed – Mesir

Aia Mohamed

Aia Mohamed

Yang kedua adalah Aia Mohamed. Aia Mohamed merupakan atlet termuda asal Mesir yang lahir pada 1 Agustus 1994. Ia juga merupakan atlet berhijab dari cabang tenis meja yang menjadi sorotan dunia.  Meskipun termasuk atlet muda namun ia berhasil menorehkan berbagai macam rekor yang membanggakan bagi negaranya.

Salah satunya yaitu ia memperoleh gelar pemain terbaik dalam 7 permainan dengan poin 11 lebih awal dalam pertandingannya. Tak hanya itu saja, Aia juga berhasil menyabet lima gelar dalam empat kejuaraan dunia yang pernah ia ikuti.

Kariman Abuljadayel – Saudi Arabia

Atlet berhijab di Olimpiade Rio 2016 selanjutnya adalah Kariman Abuljadayel dari Saudi Arabia. Bayangkan bagaimana rasanya lari dengan pakainan tertutup di musim panas? Pastinya sangat berat dan menyulitkan. Namun hal tersebut berhasil dilakukan oleh atlet berhijab asal Saudi Arabia, Kariman Abuljadayel meskipun ia di urutan paling belakang.

Kariman Abuljadayel sendiri merupakan satu-satunya wakil perempuan dari Arab Saudi dari cabang lari wanita. Ia ikut turut andil dalam cabang lari 100 meter. Meskipun kalah dalam olimpiade tersebut, Kariman Abuljadayel telah menarik perhatian penonton dan jurnalis yang ada di sana.

Kariman Abuljayadel

Kariman Abuljayadel

Mengapa demikian? Selain berhijab, semangat dari gadis ini juga menarik perhatian. Sebab meskipun ia tertinggal jauh dari lawan-lawannya Kariman Abuljayadel tetap berusaha mencapai garis finish. Dan akhirnya ia pun berhasil menyelesaikan pertandingan dalam waktu 14.61 detik.

Doaa Elghobashy – Mesir

Berikutnya adalah Doaa Elghobashy. Selain Aia Mohamed, ada pula Doaa Elghobashy yang merupakan atlet berhijab asal Mesir dalam cabang voli pantai. Berhijabnya salahh satu atlet cabang tersebut membuktikan kepada semua orang bahwa atlet voli pantai wanita tak harus mengenakan busana bikini. Dengan pakaian tertutup dan balutan kerudung sederhana Doaa Elghobashy juga bisa leluasa bermain voli dalam ajang olimpiade tersebut.

Doaa El Ghobashy

Doaa El Ghobashy

Seragam jilbabnya tentu saja sangat kontras dengan pesaingnya yaitu Kira Walkenhorst  dan L. Ludwig asal jerman yang berbikini. Hal inilah yang membuat seluruh mata dunia menyorot atlet asal Mesir tersebyt, sebab kedua atlet beda negara tersebut merupakan harmoni sempurna untuk dua budaya dalam budaya yang sama.

Meskipun Doaa Elghobashy dan rekannya tidak berhasil mengalahkan atlet voli pantai asal Jerman, namun keahlian Doaa Elghobashy juga sudah diakui dunia. Ia bersama rekannya Randa berhasil meraih prestasi juara pertama pada Kejuaraan CAVB Continental CUP 2015. Dan juara dua bersama rekannya Farah di CAVB Continental Cup 2015.

Baca juga atlet wanita tercantik yang menghebohkan dunia maya

Demikianlah ulasan mengenai daftar atlet berhijab di Olimpiade Rio 2016.

loading...