Asyiknya Berlibur Akhir Pekan ke Pantai-Pantai di Gunungkidul

By Categories : Wisata

Akhir pekan memang adalah waktu yang tepat untuk berlibur. Bagi anda dan keluarga berlibur ke pantai merupakan kegiatan liburan yang menyenangkan dilakukan di akhir pekan. Apalagi memasuki libur sekolah dan bersamaan dengan libur akhir tahun, pantai merupakan pilihan yang tepat untuk lokasi liburananda. Kali ini akan berbagi informasi lokasi-lokasi pantai yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta beserta keindahannya. Tentunya dapat menjadi referensi anda untuk melepaskan penat.

Inilah Pantai di Gunung Kidul Paling Indah dan Populer

PANTAI KRAKAL: Pantai Krakal ini terletak di sebelah tenggara Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari. Pantai ini sudah lama menjadi tempat wisata pantai Gunung Kidul yang tekenal. Sepanjang pantai terdapat karang-karang tajam, namun tidak mengurangi keindahan pantai ini.

PANTAI GESING: Pantai Gesing ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Pantai ini merupakan kawasan transmigran Ring I, perkampungan nelayan,  disana tersedia warung makan ikan segar dan Masjid.

Pantai-Pantai di Gunungkidul

PANTAI SADENG: Pantai ini terdapat di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo. Merupakan pelabuhan nelayan di DIY. Terkenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) bertaraf nasional.Konon pantai ini dahulu merupakan muara sungai Bengawan Solo purba. Di sini terdapat pelabuhan perikanan yang termasuk besar di Yogyakarta.

PANTAI INDRAYANTI: Pantai Pulang Syawal (Indrayanti Resto-Cafe). Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus (di sebelah Timur Pantai Sundak) Nama aslinya Pantai Pulang Syawal, namun orang menyebutnya Pantai Indrayanti karena terdapat Resto-Cafe Indrayanti.

PANTAI SUNDAK: Wisata pantai Gunung Kidul ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Dusun Pule Gundes. Di sini juga terdapat batu karang yang menjadi pemisah pantai Sundak dengan pantai lainnya.  selain itu, di salah satu pantai terdapat gua. Nama Sundak ini sebenarnya diberikan karena cerita penduduk bahwa dulu ada perkelahian antar dua binatang Asu (anjing) dengan Landak, hingga membentuk kata Sundak.

PANTAI SIUNG: Sebagaimana pantai Indrayanti, wisata pantai Siung Gunung Kidul ini juga terletak di kecamatan Tepus. Disini terdapat karang-karang besar di arah barat serta timur pantai. Karena itu Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan yang bisa dicoba oleh para penggemar olahraga panjat tebing.

PANTAI BARON: Di antara pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul ini sebenarnya Pantai Baron lah yang paling populer dan banyak dikenal oleh orang-orang. Pantai ini berada berjarak sekitar 40 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.  Yang menarik dari pantai ini adalah bahwa di pantai ini merupakan titik pertemuan antara air tawar dan air laut. Jangan heran jika anda ke sini anda akan melihat air sungai yang mengalir ke laut, terlihat jelas sekali.

PANTAI NGLAMBOR: Dua bukit karang yang menyerupai kura-kura raksasa terlihat saling berkejaran. Posisinya yang terletak tepat di depan teluk yang sunyi menjadikan bukit karang tersebut laksana kura-kura penjaga pesisir selatan dari ganasnya terjangan ombak.

PANTAI WEDIOMBO:  Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Pantai berbentuk bentangan cukup panjang. Pemancing sering mendapatkan ikan cucut dan ikan panjo di lokasi ini.

PANTAI TIMANG:  Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Terdapat Pulau Timang (Watu Panjang/Batu Panjang) yang dapat dijangkau dengan gondola tradisional yang terhubung tali.

PANTAI JUNGWOK:  Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Pantai yang masih alami, indah, dan belum banyak dikunjungi.

PANTAI POK TUNGGAL:  Desa Tepus, Kecamatan Tepus.  Pantai yang masih alami, terdapat pohon Duras yang unik (tumbuh miring) dan menjadi ikon pantai Pok Tunggal.

PANTAI NGANDONG:  Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Wisata bahari, wisatawan bisa mencoba berlayar bersama nelayan, diantar melihat umbul air (air tawar yang keluar dari dasar laut).

PANTAI SADRANAN:  Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Pantai berpasir putih, alami, dan indah. Biasa untuk pemotretan Pre Weddingkarena keindahannya.

PANTAI KUKUP:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Terdapat pulau kecil dengan jembatan, gardu pandang, akuarium laut, hotel, rumah makan, terkenal sebagai “Tanah Lot-nya Pulau Jawa”.

PANTAI NGRENEHAN:  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.  Pelabuhan nelayan tradisional, pasar ikan segar.

PANTAI NGOBARAN:  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Pantai yang tidak begitu luas, terdapat bangunan pura. Setiap tahun diselenggarakan Upacara Melasti umat Hindu.

PANTAI SEPANJANG:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Kawasan konservasi penyu.

PANTAI NGUYAHAN:  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Pantai yang masih alami dan bersih. Berjarak sekitar 200 m dari Pantai Ngobaran.

PANTAI DRINI:  Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Pelabuhan nelayan tradisional dan terdapat Pulau Drini.

PANTAI SLILI:  Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Berdekatan dengan Pantai Ngandong bahkan menyatu.

Selain obyek wisata di atas, masih banyak lokasi lain sebagai tujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul seperti pantai tersembunyi karena letak geografis yang sulit dijangkau dan belum banyak terekspose. Manakah yang akan anda kunjungi di akhir pekan ini??? Silahkan pilih!