ASI Eksklusif Gudang Manfaat Bagi Bayi Baru Lahir

By Categories : Umum

ASI atau Air Susu Ibu merupakan minuman wajib untuk setiap bayi yang baru lahir. Pemberian ASI yang eksklusif pada bayi dapat memberikan manfaat yang sangat banyak baik untuk ibu maupun bayi. ASI Eksklusif adalah merupakan air susu ibu yang diberikan untuk bayi sejak baru lahir sampai 6 bulan tanpa makanan pendamping dan minuman pralakteal lainnya seperti hal dan contohnya adalah air gula, aqua, dan sebagainya. Jadi murni hanya ASI saja yang diberikan kepada sang bayi dan anak. Inilah yang dimaksud dengan definisi pengertian asi eksklusif itu sendiri.

Namun sayangnya, banyak orang tua yang belum sadar akan pentingnya pemberian ASI untuk anaknya. Padahal, manfaat ASI sangat banyak sekali, baik dilihat dari segi ekonomi maupun segi kesehatan Ibu dan anaknya. ASI sendiri ada beberapa jenis dan memiliki manfaat masing-masing. berikut ulasannya:

ASI Eksklusif

Manfaat ASI Eksklisif

Kolostrum: Cairan kental berwarna kekuning-kuningan yang dihasilkan pada hari pertama sampai hari ke-3. Kolustrum bisa dikatakan sebagai “imunisasi” pertama yang diterima bayi karena banyak mengandung protein untuk daya tubuh yang berfungsi sebagai pembunuh kuman dalam jumlah tinggi. Kadarnya 17 kali dibandingkan dengan ASI matur.

Susu Transisi: Adalah air susu ibu yang di produksi setelah kolostrum antara hari ke-4 sampai dengan hari ke-10. Dalam susu transisi ini terdapat Immunoglobulin, protein dan laktosa dengan konsentrasi yang lebih rendah dari kolostrum tetapi konsentrasi lemak dan jumlah kalori lebih tinggi, vitamin larut lemak berkurang, vitamin larut air meningkat. Bentuk atau warna susu lebih putih dari kolostrum.

Susu Matur: Yang dimaksud dengan air susu matur adalah susu yang keluar setelah hari ke-10. Berwarna putih kental. Komposisi ASI yang keluar pada isapan-isapan pertama (foremilk) mengandung lemak dan karbohidratnya lebih banyak dibandingkan hindmilk (ASI yang keluar pada isapan-isapan terakhir)

Selain dari ketiga jenis di atas berikut manfaat ASI bagi bayi baru lahir:
Bayi baru lahir dalam proses pertumbuhannya membutuhkan DHA, AA, OMEGA 6, LAKTOSA, TAURIN, PROTEIN, LAKTOBASIUS, VITAMIN A, KOLOSTRUM, LEMAK, ZAT BESI, LAKTOFERIN serta LISOZIM dengan standarisasi yang tepat dan ibu tidak usah keluar banyak biaya untuk mendapatkan berbagai macam vitamin tersebut karena sudah terkandung dalam ASI.

Kekebalan tubuh dan sistem imun bayi akan baik dan bagus dengan konsumsi asi ibu, hal ini akan membuat bayi baru lahir tidak mudah sakit. Produksi air susu ibu di jamin 1000% higienis karena di produksi pada tempat terlindung yaitu di dalam payudara ibu. Masalah kesehatan bayi yang umum terjadi seperti diare, infeksi dll, akan di backup sempurna oleh ASI. Formula dan komposisi asi ekslusif akan menyesuaikan kebutuhan bayi sesuai usia dan fase pertumbuhannya. Asi eksklusif akan memberikan manfaat menangkal alergi makanan yang di
makan bayi. Dan pastinya ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi baru lahir.

terms: manfaat asi untuk bayi baru lahir