Artis Lukman Sardi Bersaksi Pindah Agama, Banyak yang Terkejut

By Categories : Berita

Artis Lukman Sardi Bersaksi Pindah Agama, Banyak yang Terkejut – Anda masih ingat dengan pemeran Ikal saat dewasa, yang di bagian akhir film “Laskar Pelangi” ia pamit hendak meneruskan studi S2 ke Perancis? Ya, dialah Lukman Sardi. Baru – baru ini ada kabar mengejutkan yang datang darinya. Ia memutuskan untuk berpindah agama menjadi Kristen. Atas keputusannya ini, ada  banyak sekali pihak yang begitu terkejut. Diakui oleh  pemeran utama Ahmad Dahlan tersebut, bahwa almarhum ayahnya sendiri, yakni Idris Sardi saat masih hidup dulu pernah mengutarakan kekecewaannya mengetahui sendiri putranya memilih untuk berpindah agama.

Artis Lukman Sardi

“Ketika saya memutuskan untuk pindah agama, tentu ayah saya lah orang yang begitu kecewa. Apa pasal? Sebab ia adalah seorang muslim yang begitu taat. Akan tetapi memang saya telah memegang teguh prinsip, bahwa soal ini (kepindahan agama) adalah pilihan pribadi. Sampai dalam suatu kesempatan almarhum bilang, “baiklah, tapi kamu musti bisa bertanggungjawab sendiri atas pilihan kamu sendiri ini“, papar Lukman Sardi saat acara kesaksian di sebuah acara ulang tahun yang digelar oleh GBI (Gereja Bethel Indonesia) Ecclesia.

Lukman Sardi masih beruntung. Biarpun berbeda tajam dengan si ayah dalam hal pilihan agama. Hubungannya dengan almarhum ayah tetaplah bisa berjalan baik seperti apa adanya.

Tak heran jika akhirnya ia tak mampu menahan haru saat ayahnya mengatakan sesuatu sebelum benar – benar menutup mata. Yakni merestui apapun yang menjadi keputusannya termasuk dalam hal pindah agama. “Ketika itu ayah mengatakan bahwa kamu saat ini sudah berada pada keputusan tepat yang sesuai dengan keinginan saya pribadi,” kenang Lukman.

Sebagai informasi, aktor Idris Sardi wafat dalam usia ke 76 tahun tepat pada tanggal 28 April 2014 atau tahun lalu.

Dalam jagat tanah air, almarhum dikenal sebagai seorang maestro alat musik biola. Berbagai prestasi pada film dan musik berkali – kali digondolnya. Seperti misalnya penghargaan Piala Citra kategori sebagai Penata Musik Terbaik. Penghargaan tersebut didapatkannya untuk berbagai film berikut : Pengantin Remaja (tahun 1971), Perkawinan (tahun 1973), Cinta Pertama (tahun 1974) sampai Doea Tanda Mata yang diputar tahun 1985.

Untuk Lukman Sardi sendiri, ia “mengorbitkan diri” sebagai salah seorang aktor Indonesia pada tengah tahun 1980 saat sukses membintangi film berjudul Anak-Anak Tak Beribu. Lalu pada 25 tahun berikutnya, yakni pada film Janji Joni, mulai tampak karirnya meroket dengan membintangi puluhan film laris tanah air. Seperti film Nagabonar jadi Dua, Gie, Laskar Pelangi, Soekarno: Indonesia Merdeka, Merah Putih, hingga film Negeri Tanpa Telinga yang sukses dirilis pada tahun 2014 kemarin.