Apa Pemicu Jerawat dan Bagaimana Mencegahnya?

By Categories : Wanita

Apa pemicu jerawat dan bagaimana mencegahnya? – jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang termasuk saat menginjak masa remaja, tetapi tidak hanya remaja pada orang dewasa pun jerawat masih sering muncul. Di Dbagus.com akan membahas tentang pemicu jerawat dan cara mencegahnya.

Pemicu Jerawat

Apa pemicu jerawat? Ini dia 5 pemicu jerawat

  1. Sering mencoba produk kosmetik baru

Seringkali untuk mendapatkan tatanan wajah untuk mempercantik penampilan, para perempaun tidak segan segan untuk merogoh kocek dalam demi mencoba produk produk baru. Namun, alih alih ingin cantik dengan macam macam produk baru wajah malah berpotensi menimbulkan jerawat. Disarankan untuk mencoba produk baru selama seminggu, jika tidak cocok hentikan pemakaian dan biarkan wajah beristirahat untuk beberapa waktu hingga normal kembali.

  1. Stres

Dari beberapa pengalaman yang sering terjadi pada remaja, mereka cenderung berjerawat saat akan menghadapi ujian. Walaupun stres tidak dapat dihindari dalam kehidupan, tetapi stres dapat diolah dengan cara olahraga, meditasi, dan melakukan aktivitas relaksasi.

  1. Kandungan riasan wajah

Kandungan yang terdapat pada riasan wajah dapat menjadi pemicu stress pada kulit wajah, pastikan riasan yang dipakai berlabel non-comedogenic yang berarti riasan tersebut tidak menyumbat pori pori. Sangat penting untuk mencuci wajah dan membersihkan riasan sebelum tidur, bagi yang memiliki kulit wajah rentan jerawat disarankan untuk menggunakan bedak yang bertekstur bubuk.

  1. Kulit terlalu berminyak ataupun terlalu kering

Pemicu jerawat juga disebabkan oleh PH wajah yang tidak seimbang, selain itu kulit kering juga dapat menyumbat pori pori. Kulit yang berminyak menyebabkan kotoran bersarang dikulit, disarankan untuk memilih perawatan sesuai kondisi kulit.

  1. Hormone

Bagi sebagian wanita mengalami jerawat seminggu sebelum menstruasi, para peneliti melaporkan bahwa 63% wanita yang berjerawat akan mengalami masa berjerawat sebelum menstruasi.

5 pemicu jerawat tersebut masih merupakan sebagian dari beberapa banyak pemicu jerawat, untuk mencegah munculnya jerawat hal hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut,

  1. Menjaga kebersihan wajah

Untuk wajah berjerawat atau tidak tetap harus rajin membersihkan wajah untuk membersihkan kotoran, sel kulit mati maupun minyak berlebih. Jangan menggunakan sabun untuk badan pada kulit wajah karena bahan kimianya akan menyebabkan iritasi.

  1. Gunakan moisturizer

Obat jerawat menyebabkan kulit kering, sehingga untuk mengatasinya harus menggunakan moisturizer. Untuk wajah berminyak pelembab yang cocok adalah bertekstur gel, sedangkan untuk kulit kering menggunakan pelembab lotion atau krim.

  1. Menggunakan obat jerawat yang dijual di apotik

Obat yang mengandung benzoil peroksida yang merupakan bahan anti bakteri yang berefek mengeringkan kulit. obat yang mengandung asam salisilat dapat membunuh bakteri di pori pori.

  1. Make up sederhana

Make up yang tebal lebih cenderung berminyak dan kotoran akan mudah bersarang diwajah dan akan menyumbat pori pori.

  1. Rambut

Rambut yang kotor, diberi wewangian atau sejenisnya yang mengandung bahan kimia dapat memicu timbulnya jerawat karena rambut adalah salah satu bagian yang dekat dengan wajah, bisa saja rambut terjatuh diwajah misalnya poni. Rambut yang berminyak akan menambah minyak diwajah, sering seringlah membersihkan rambut terutama yang berambut panjang.