Aneka Makanan Khas Nganjuk Paling Terkenal dan Wajib Coba

By Categories : Makanan

Mencoba makanan khas Nganjuk adalah salah satu hal yang harus dicoba ketika berkunjung ke Kota Angin. Nah bagi Anda yang memiliki rencana berkunjung ke Nganjuk, jangan hanya mengunjungi tempat wisata menarik yang ada di sana saja. Tak ada salahnya jika berwisata kuliner di salah satu kota di Jawa Timur ini. Pastinya Anda penasaran kan apa saja makanan khas kota Nganjuk? Daripada penasaran, simak saja ulasan berikut ini.

Pernahkah Anda bepergian ke Nganjuk? Nganjuk sendiri adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro di daerah utara, Kabupaten Jombang di timur, kabupaten Madiun di barat dan Kabupaten Kediri Serta Ponorogo di selatan. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan di kota Angin ini, mulai dari mengunjungi tempat wisata yang ada di sana serta mencicipi makanan khas kota Nganjuk.

Lalu tempat wisata apa yang paling hits dan populer di Nganjuk? Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terhyn Sedudo, Candi Ngetos, Air Terjun Roro Kuning, Air Terjun Singokromo dan masih banyak lagi. Setelah puas menikmati keindahan tempat wisatanya, tak ada salahnya untuk mengisi perut dengan makanan khas yang ada di sana.

Lantas makanan khas apa saja yang paling terkenal di Nganjuk? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.makanan-khas-nganjuk

Inilah Makanan Khas Nganjuk Paling Enak dan Terkenal

Nasi Tumpang

Yang pertama adalah Nasi Tumpang. Nasi Tumpang adalah nasi yang disajikan dengan kulup yang dilumuri dengan sambal tumpang khas Nganjuk. Apakah Anda tau apa itu tumpang? Tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe yang difermentasikan lalu dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Untuk cara penyajiannya sendiri pun hampir mirip seperti pecel. Hanya saja, nasi tumpang merupakan perpaduan antara sambal tumpang dan sambal pecel. Bagaimana? Tertarik mencobanya?

Baca juga tempat wisata di Nganjuk paling hits dan instagramable

Nasi Becek

Apa pendapat Anda mendengar nama nasi becek? Nasi becek khas Nganjuk adalah makanan yang mirip seperti kare kambing. Jika dilihat, tampilan nasi becek ketika disajikan ini hampir mirip seperti soto babat. Namun dalam penyajiannya, nasi becek diberi potongan sate kambing.

Jika dibandingkan dengan makanan khas Jawa Timur lainnya, nasi becek sangatlah berbeda. Sebab umumnya hidangan utama ala Jawa Timuran memiliki rasa yang cenderung asin. Sedangkan nasi becek ini memiliki rasa manis dan sedap yang menggugah selera.

Nasi Pecel Khas Nganjuk

Jika dilihat dalam segi tampilannya, tampilan nasi pecel khas Nganjuk hampir sama seperti nasi pecel pada umumnya. Namun yang membedakan adalah pada nasi pecel khas Nganjuk terdapat kulupan kembang turunya. Campuran antara kembang turi, kulup kangkung, kacang panjang, toge dan kuah sambal kacang pastinya dapat menambah selera makan Anda. jangan lupa untuk menambahkan tahu goreng serta peyek kacang sebagai pelengkap ya.

Krupuk Pecel Khas Nganjuk

Makanan khas Nganjuk selanjutnya adalah krupuk pecel khas Nganjuk. Makanan khas yang satu ini merupakan kerupuk bakar yang dicampur dengan sayuran. Dalam penyajiannya makanan ini hampir mirip seperti pecel. Sebab di atas kerupuk bakar tersebut akan ditambahkan sayuran seperti toge, rebung dan daun kacang serta di siam dengan bumbu pecel. Kerupuk pecel akan sangat lezat jika dinikmati dengan es rujak yang menyegarkan.

Baca juga menikmati makanan khas Korea di Bandung dengan harga terjangkau

Dumlek

Jangan hanya mencicipi makanan khas saja, tak ada salahnya jika Anda juga mencicipi camilan khas Nganjuk salah satunya yaitu dumlek. Orang Jawa Tengah sering menyebutnya dumbek atau dumblek. Camilan atau kue yang dibungkus dengan pelepah pinang tersebut kini sudah tergolong sebagai kue langka. Namun Anda tak perlu khawatir karena di Nganjuk masih banyak pedagang yang berjualan kue tradisional ini.

Kue dumlek sangat lezat jika dinikmati dengan secangkir teh hangat di sore hari bersama pasangan ataupun keluarga. Jika ingin kembali ke kampung halaman, jangan lupa membeli dumlek sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Tepo Mbah Umbruk

Meskipun memiliki nama yang sedikit aneh, namun jangan heran jika rasa dari makanan khas yang satu ini dapat membuat lidah Anda bergoyang. Ya, rasa dari tepo mbah umbruk ini sudah menghipnotis lidah para pengunjung sehingga ketika mereka berkunjung ke Nganjuk pasti ingin mencoba makanan ini. Nah bagi Anda yang berkunjung ke Nganjuk, jangan lupa untuk mencicipinya ya.

Baca juga makanan khas Semarang yang wajib Anda cicipi

Nah itulah beberapa makanan khas Nganjuk paling populer yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung ke kota Angin.

loading...