Aneka Jajanan Pasar Khas Indonesia

By Categories : Umum

Ada banyak hal yang dapat kita banggakan dari negara kita, Indonesia. Mulai dari suku, budaya, adat-istiadat, wisata alam, dan kulinernya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, salah satunya makanan. Selain makanan utama, terdapat aneka jajanan pasar yang memiliki keunikan di setiap daerah di Indonesia. Jajanan pasar tersebut biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti dari singkong, ubi, kelapa, dan beberapa bahan alami lainnya.

Aneka Jajanan Pasar Khas Indonesia

Berikut aneka jajanan pasar yang perlu Anda coba

  1. Ampyang kelapa

Bahan utama untuk membuat jajanan ini adalah kelapa dan gula pasir. Ampyang kelapa sangat populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Biasanya agar lebih menarik ampyang diberi tambahan warna seperti hijau, merah, dan kuning.

  1. Lemper

Aneka jajanan pasar selanjuntya adalah lemper. Makanan ini hampir dapat ditemui di seluruh daerah di Indonesia. Lemper terbuat dari ketan yang di dalamnya diberi isian daging ayam atau abon kemudian dibungkus dengan daun pisang. Namun sat ini lemper mulai berkembang dengan aneka isian seperti ayam cincang, tuna cincang, dan abon sapi. Menurut orang Jawa lemper memiliki simbol persaudaraan, hal ini dapat dilihat dari sifat ketan yang lengket.

  1. Semar mendem

Ini merupakan varian dari lemper yang berasal dar daerah Solo. Jajanan pasar ini dibungkus dengan dadar yang terbuat dari tepung terigu dan telur yang dipanaskan hingga menjadi padat. Untuk isian hampir sama dengan lemper, yakni abon dan daging cincang.

  1. Arem-arem

Walaupun bentuknya hampir sama dengan lemper, namun arem-arem terbuat dari bahan yang berbeda. Jika lemper menggunakan bahan dasar ketan, untuk arem-arem sendiri menggunakan nasi yang di isi dengan aneka bahan seperti tahu, sambal goreng ati, oseng, dan lain-lain. Arem-arem diambil dari kata “marem” dalam bahasa Jawa, yang artinya mantap.

  1. Bika Ambon

Kue bika Ambon termasuk aneka jajanan pasar yang sangat populer hingga ke penjuru nusantara. Ini juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang wajib Anda beli saat berkunjung ke Sumatera Utara.

  1. Bugis/ Mendut

Banyak yang mengira jika makanan ini berasal dari Makassar, namunternyata tidak. Di beberapa daerah kue ini memiliki banyak nama, seperti mendut (Jawa), poci-poci (Pemalang), Sekoci (Jepara), kue unti (Sunda), dan lain-lain. Jajanan pasar ini terbuat dari tepung ketan dengan isian dari parutan kelapa atau gula merah.

  1. Cucur

Ini merupakan salah satu aneka jajanan pasar khas Jawa yang cukup terkenal. Bahan yang digunakan untuk membuat jajanan ini adalah tepung terigu dan tepung beras dengan campuran gula merah agar berwarna kecoklatan. Bagi masyarakat Betawi, kue cucur wajib dihidangkan dalam upacara adat.

  1. Kue Serabi

Jajanan tradisional in terdiri dari dua jenis, yakni serabi manis dan serabi asin. Serabi manis biasanya menggunakan kinca, sedangkan serabi asin disajikan dengan taburan oncom di atasnya. Anda dapat dengan mudah menemukan jajanan pasar ini di Kota Bandung. Serabi biasanya dimasak menggunakan tunggu agar menghasilkan rasa yang khas. Biasanya penjual serabi menambahkan telur ayam yang sudah dikocok ke atas adonan serabi yang dimasak. Saat ini serabi dapat dijumpai dengan aneka topping seperti mayones, coklat, dan keju.

  1. Kue Lumpur

Ini merupakan salah satu panganan ringan yang terbuat dari santan, tepung terigu, kentang, dan telur. Untuk menambah aroma wangi biasanya menggunakan vanilla dan dalam penyajiannya menggunakan kismis atau kelapa muda yang diiris di bagian atasnya. Kue lumpur masuk dalam kategori kue basah sehingga tidak tahan jika disimpan dalam waktu yang lama.

  1. Klepon

Jajanan pasar khas Indonesia ini juga disebut dengan onde-onde manis. Bahan utamanya adalah tepung beras ketan yang dibentuk menyerupai bola dan bagian dalamnya diisi dengan gula merah. Adonan tersebut kemudian direbus menggunakan air mendidih. Setelah matang bola-bola tersebut digelindingkan di parutan kelapa supaya melekat. Jajanan ini banyak digemari karena memiliki rasa yang gurih dan manis. Klepon sangat lezat dikonsumsi dalam keadaan hangat dan sebagai teman minum kopi atau teh.

  1. Onde-Onde

Jajanan asli Indonesia ini terbuat dari tepung terigu yang digoreng atau direbus. Permukaan onde-onde ditaburi dengan biji wijen. Onde-onde terdiri dari berbagai macam variasi, dan yang paling populer adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya diisi dengan kacang hijau. Ada juga onde-onde khas Mojokerto adaah memiliki aneka warna seperti putih , hijau, dan merah. Biasanya masyarakat setempat menyebutnya onde-onde gandum.

  1. Kerak Telor

Masyarakat Jakarta pasti tidak asing dengan jajanan pasar khas Indonesia ini. Kerak telor merupakan makanan khas Betawi. Jajanan pasar ini terbuat dari beras ketan putih, telor bebek, serta udang kering yang diasinkan dan ditambah bawang goreng. Bumbu yang digunakan berupa cabai merah, kelapa sangrai, jahe, kencur, gula pasir, garam, dan merica butiran.

terms: aneka jajanan pasar, aneka jajanan, macam2 jajanan pasar, macamkue bugis/mendut