Alternatif selain membersihkan karang gigi di dokter

By Categories : Kesehatan

Alternatif selain membersihkan karang gigi di dokter sebenarnya bisa kita lakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan yang terdapat di dapur kita. Pada dasarnya, karang gigi merupakan penumpukan sisa makanan yang dicerna oleh kuman, kemudian bercampur dengan zat kapur dan air liur sehingga menjadi karang gigi. Karang gigi yang dibiarkan saja tanpa dilakukan perawatan lebih lanjut akan menyebabkan karies gigi, sehingga gigi menjadi rapuh, rawan patah dan mudah berlubang. Pembersihan karang gigi secara total memang sebaiknya dilakukan oleh do kter gigi agar pembersihan bisa maksimal. Selain itu, rutin melakukan pengecekan gigi setiap 6bulan sekali ke dokter gigi wajib dilakukan agar gigi terkontrol kesehatannya.

Karang gigi yang tidak dibersihkan juga akan membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Bau mulut yang tidak sedap tentu akan sangat mengganggu penampilan kita, disamping juga mengganggu lawan bicara kita. Untuk itu, melakukan berbagai perawatan gigi sangatlah dibutuhkan untuk mengatasi hal ini. Jika anda terlanjur memiliki banyak karang gigi dan masih enggan pergi kedokter, maka anda bisa melakukan beberapa perawatan dirumah. Memang hal ini tidak akan seketika menghilangkan semua karang gigi yang ada pada gigi anda, namun secara perlahan akan mengurangi karang gigi yang ada.

Berikut beberapa perawatan harian yang bisa digunakan sebagai alternatif selain membersihkan karang gigi di dokter gigi

  1. Rajin berkumur dengan air soda. Anda bisa membuat campuran dari 1 sendok makan baking soda dicampur dengan satu gelas air. Kumur-kumur selama 1 menit dengan frekuensi tiga hari sekali. Air soda sangat efektif dalam meluruhkan plak atau karang gigi. Lakukan secara ruting setiap hari agar anda terbebas dari karang gigi.
  2. Berkumur dengan air rendaman cengkeh. Cengkeh dikenal sebagai obat alami penyembuh sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga efektif membasmi bau mulut dan meluruhkan karang gigi karena cengkeh memiliki sifat alami membasmi bakteri yang berkembang biak didalam mulut. Caranya cukup mudah, seduh cengkeh dengan air hangat, dan berkumurlah menggunakan airnya setiap hari.
  3. Berkumur dengan greentea. Green tea yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi ternyata juga sangat ampuh membunuh bakteri penyebab masalah bau mulut. Selain itu, greentea juga efektif dalam memperkuat gigi sehingga tidak mudah rapuh. Cara menggunakan greentea sebagai obat kumur, yaitu seduh greentea dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur setiap hari. Mengkonsumsi greentea juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.
  4. Rajin membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi. Sebelum anda melakukan sikat gigi, sebaiknya gunakan juga benang gigi. Benang gigi terbukti efektif mengeluarkan sisa makanan yang terselip kedalam sela-sela gusi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Oleh karena itu, biasakan menggunakan benang gigi sesering mungkin sehingga penumpukan makanan disela-sela gigi dan gusi bisa dihindari sedini mungkin.