Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

By Categories : Entertainment, Umum

Pada pembahasan beberapa waktu lalu membahas mengenai beberapa jenis alat musik tradisional dari Jawa Barat,dan untuk pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa alat musik tradisional dari Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan salah satu Provinsi di pulau Jawa yang memiliki pusat ibu kota di Semarang. Berbagai budaya khas Jawa Tengah sampai saat ini masih terus dilestarikan agar tidak tergerus dengan perkembangan jaman.

alat musik tradisional jawa tengah

Terdapat banyak alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang sampai saat ini masih dimainkan dan dilestarikan. Kesenian akan budaya tradisional memang sudah seharusnya dilestarikan di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju. Di bawah ini terdapat beberapa alat musik tradisional Jawa Tengah yang dapat Anda ketahui.

Berikut Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Kendang

Kendang atau disebut dengan gendang merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah yang cara memainkannya dengan cara dipukul dengan menggunakan telapak tangan. Kendang atau gendang terbuat dari kayu cempedak, kayu nangka, atau juga dibuat dari kayu kelapa. Sedangkan untuk kulit biasanya dibuat dari kulit kerbau atau kulit kambing. Adapun fungsi kendang ini adalah untuk mengiringi serta mengatur irama lagu pada seni gamelan.

Bonang

Alat musik tradisional Jawa Tengah yang kedua adalah Bonang. Bonang merupakan alat musik tradisional yang cara mainkannya dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul khusus untuk boning. Alat musik ini terbuat dari bahan besi, kuningan, dan juga perunggu. Bonang dibedakan menjadi dua yakni bonang barung serta bonang penerus. Untuk bonang barung sendiri memiliki ukuran lebih besar dengan oktaf tengah sampai tnggi. Sementara untuk bonang penerus memiliki ukuran lebih kecil dan cara memainkannya memiliki kecepatan 2 kali lebih dibanding dengan bonang barung.

Gong

Tidak lengkap jika tidak menyertakan gong. Alat musik tradisional Jawa Tengah ini terbuat dari tembaga dan timah yang dimainkan dengan cara dipukul. Di dalam gamelan gang berperan cukup penting agar terciptanya perpaduan alat musik untuk mengiringi tembang yang dimainkan.

Siter

Alat musik tradisional Jawa Tengah berikutnya adalah Siter. Siter dimainkan dengan cara dipetik ada string yang menjadi sumber bunyi alat musik ini. Siter dibagi menjadi tiga yakni siter, siter penerus yang memiliki ukuran lebih kecil dibanding siter, serta clempung yang memiliki ukuran lebih besar dibanding dengan siter.

Gambang

Selanjutnya adalah gambang yang menjadi alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul khusus untuk gambang. Gambang terbuat dari kayu dengan susunan berderet yang bisa menghasilkan nada dengan jumlah mencapai 20 bilah. Gambang sering dimainkan dalam kesenian karawitan dengan gamelan lainnya.

Saron

Nama lain dari alat musik tradisional Jawa Tengah ini adalah ricik. Ini merupakan instrumen gamelan yang masuk dalam keluarga balungan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Saron terbuat dari bahan logam sedangkan alat pukulnya terbuat dari bahan kayu. Untuk memainkan alat tradisional ini harus disesuaikan dengan nada, dengan cara menabuh bergantian antara saron 1 dan saron 2. Cepat lambatnya penabuhan tergantung dari komando kendang serta jenis gendhingnya. Dalam memainkan alat musik ini, tangan kanan memukul logam atau wilahan dan tangan kiri memencet wilahan untuk menghilangkan dengungan. Teknik tersebut disebut dengan memathet.

Kenong

Kenong merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah  yang memiliki fungsi sebagai penentu batas gatra serta untuk mempertegas irama. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Bentuk kenong hampir mirip dengan bonang namun memiliki ukuran yang lebih besar. Untuk memukul kenong, biasanya menggunakan alat pemukul berupa kayu yang dililit menggunakan kain. Dalam satu set kenong biasanya terdiri dari 10 buah.

Slenthem

Alat musik tradisional ini terdiri dari lembaran logam tipis yang diuntai menggunakan tali serta direntangkan di atas tabung. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dan menghasilkan dengungan rendah yang mengikuti nada saron, balungan, dan ricik.

Suling

Suling merupakan alat musik khas Jawa Tengah dan biasanya satu set dengan gamelan saat memainkannya. Alat musik ini terbuat dari bambu wuluh yang diberi beberapa lubang untuk menentukan nada. Bagian ujungnya merupakan bagian yang di tiup. Bagian tersebut dari lapisan yang dinamakan dengan jamangan. Hal ini berguna untuk mengalirkan udara sehingga dapat menimbulkan getaran yang kemudian menghasilkan suara atau nada.

Demung

Demung merupakan alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang memiliki bentuk seperti saron, namun dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya dalam satu pertunjukan gamelan terdiri dari minimal 2 set demung, yakni demung laras slendro dan demung laras pelog. Perbedaan antara keduanya terletak pada ukuran serta bunyi yang dihasilkan. Untuk memainkan alat musik tradisional ini adalah dengan cara dipukul. Alat pukulnya juga khusus agar nada yang dihasilkan selaras.

terms: alat musik adat jawa tengah