Akibat Kelebihan Protein Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan protein memiliki fungsi untuk membantu tubuh untuk menyerap protein, mineral serta digunakan sebagai sumber tenaga. Mengonsumsi protein juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menambah berat badan secara alami. Jumlah asupan protein yang harus dikonsumsi dalam setiap harinya adalah 10 gram untuk bayi, 52 gram untuk anak-anak, 42 hingga 52 gram untuk remaja, 46 gram untuk wanita dewasa, 56 gram untuk pria dewasa dan 71 gram untuk ibu hamil dan menyusui. Tak hanya akibat kekurangan protein saja yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, Namun seseorang yang kelebihan protein juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.  Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut adalah akibat kelebihan protein bagi kesehatan tubuh.

Akibat Kelebihan Protein

Inilah akibat kelebihan protein bagi kesehatan

Menyebabkan osteoporosis

Akibat yang pertama adalah dapat menyebabkan osteoporosis. Protein yang terlalu tinggi dapat menyebabkan produksi asam yang terlalu tinggi. Dan asam yang terlalu tinggi dalam tubuh juga dapat menyebabkan kemampuan tulang menyerap kalsium menjadi lebih rendah. Akibatnya tubuh akan kekurangan kalsium. Seperti yang Anda ketahui seseorang yang kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah pada tulang, salah satuna yaitu osteoporosis.

Menyebabkan asam urat

Akibat yang kedua adalah dapat menyebabkan asam urat. Hal ini dikarenakan protein dari hewan kaya akan lemak yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol. Seperti yang Anda ketahui asam urat juga dapat dipengaruhi oleh jumlah kolesterol yang tinggi. Sehingga jika tidak segera diatasi hal ini dapat menyebabkan komplikasi.

Mengganggu kerja ginjal

Akibat kelebihan protein berikutnya adalah dapat mengganggu kerja ginjal. Umumnya ginjal berfungsi untuk menyaring semua jenis zat ataupun limbah yang dihasilkan oleh organ lain. Jika tubuh kelebihan protein tentu saja hal ini dapat memberatkan fungsi dan kinerja ginjal itu sendiri. Hal ini dikarenakan ada banyak zat berbahaya seperti racun yang harus disaring oleh ginjal.

Berat badan meningkat

Selain itu, kelebihan protein juga dapat menyebabkan berat dan seseorang meningkat. Oleh karena itu banyak sekali orang yang kekurangan berat badan mengonsumsi asupan protein sebagai cara menambah berat badan. Hal ini dikarenakan dalam 1 gram protein mengandung sekitar 4 kalori. Sehingga bagi Anda yang sedang diet sebaiknya batasi asupan protein untuk setiap harinya.

Meningkatkan kolesterol

Selanjutnya adalah dapat meningkatkan kolesterol. Kelebihan protein juga dapat menyebabkan tubuh kelebihan koleterol. Kolesterol jahat yang menumpuk dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti pengerasan arteri, menyebabkan penyakit jantung hingga stroke.

Nah itulah beberapa akibat kelebihan protein. Selain itu, kelebihan protein juga dapat menyebabkan resiko kanker, gangguan pada otak, katarak, sakit kepala dan lainnya. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari kelebihan protein, pastikan Anda selalu mengimbanginya dengan makanan yang mengandung vitamin dan gizi tinggi, minum air putih serta berolahraga secara teratur.