Akibat Kekurangan Vitamin K

By Categories : Kesehatan

Vitamin merupakan salah satu  zat yang paling penting dalam menjaga ketahanan tubuh. Ada beberapa macam vitamin yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin K. Vitamin-vitamin tersebut memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan lainnya dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Kali ini saya akan menjelaskan tentang vitamin K. Baca juga makanan yang mengandung vitamin D. Tahukah Anda apa saja fungsi vitamin K bagi tubuh? Salah satu manfaat vitamin K untuk kesehatan tubuh adalah mengobati penyakit diabetes, menurunkan resiko osteoporosis, mengontrol pembekuan darah dan juga mencegah kalsium berlebihan dalam tubuh. Lantas apa saja akibat kekurangan vitamin K? Berikut ulasannya!

Akibat Kekurangan Vitamin K

Akibat kurang vitamin K bagi tubuh

Penyakit hemoragik pada bayi baru lahir

Akibat kekurangan vitamin K yang pertama adalah terkena penyakit homoragik yang terjadi pada bayi yang baru lahir. Hal ini dikarenakan saat hamil, ibu dari sang bayi tidak mencukupi asupan nutrisi vitamin K. Namun apa itu penyakit hemoragik? Hemoragik merupakan penyakit yang menyebabkan darah sukar membeku, terutama pada jaringan organ dalam bayi. Hemoragik biasanya ditandai dengan adanya darah pada lubang dubur bayi tersebut.

Menghambat proses pembekuan darah

Salah satu fungsi vitamin K adalah membantu tubuh untuk membekukan darah. Nah, jika vitamin K dalam tubuh seseorang berkurang hal ini akan menyebabkan darah tetap encer dan sulit membeku. Tak hanya itu, kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan penyakit anemia yang sangat fatal. Maka dari itu, mulailah untuk mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin K seperti, bayam, brokoli, kol, sawi, telur, anggur, daging, selada dan juga buah-buahan.

Menurunnya kepadatan tulang

Kekurangan vitamin K selanjutnya dapat menyebabkan menurunya kepadatan tulang seseorang. Hal ini dikarenakan vitamin K merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Jika tubuh kekurangan vitamin K, maka hal ini akan menyebabkan tulang menjadi keropos. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin K, Anda dapat mengonsumsi vitamin K 50 hingga 150 mikrogram per harinya.

Berakibat buruk pada penderita kanker

Seperti yang Anda ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Maka dari itu, penderita kanker sebaiknya mencukupi semua vitamin salah satunya yaitu vitamin K. Hal ini dikarenakan vitamin K yang Anda konsumsi dapat menekan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Itulah beberapa akibat kekurangan vitamin K yang wajib Anda ketahui. selain itu, kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan memar pada tubuh meskipun tanpa benturan, pendarahan melalui hidung, pendarahan pada gusi dan juga menstruasi yang parah pada wanita. Mulailah untuk mencukupi asupan vitamin K agar terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel lainnya manfaat vitamin E yang perlu Anda ketahui.

terms: akibat kekurangan vitamin k, kekurangan vitamin K, penyakit kekurangan vitamin K, Kekurangan vit K menyebabkan penyakit, nama penyakit jikadefisiensi / kekurangan vit k