Akibat Kekurangan Vitamin A yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai jenis buah mengandung vitamin A, maka kali ini kita akan membahas mengenai akibat kekurangan vitamin A. Vitamin A itu sendiri merupakan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan indar penglihatan. Hal ini dikarenakan vitamin A adalah salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu vitamin A juga berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan dalam tubuh. Maka dengan begitu dapat kita simpulkan bahwa suatu zat apapun akan menimbulkan dampak jika mengalami kekurangan ataupun kelebihan.

Akibat Kekurangan Vitamin A yang Perlu Anda Ketahui

Kekurangan vitamin akan menyebabkan berbagai macam penyakit dalam tubuh salah satunya adalah kekurangan vitamin A. seperti yang kita tahu vitamin A memang sangat berperan penting bagi kesehatan mata. Jika tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin A maka pastinya kesehatan mata akan mengalami berbagai masalah. Ternyata bukan hanya berdampak bagi kesehatan mata saja, tapi masih banyak dampak atau akibat kekurangan vitamin A, diantaranya sebagai berikut!

Inilah Beberapa Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A yang Perlu Anda Ketahui

Masalah Penglihatan

Seperti pada penjelasan di atas, fungsi utama vitamin A adalah berperan untuk menjaga kesehatan mata. Jika dari itu jika tubuh mengalami kekurangan vitamin A, mata akan mengalami berbagai masalah. Adapun gejala kekurangan vitamin A pada mata adalah mata sering merasa kering (xeropthalmia) yaitu merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lender dan bening mata.

Penyakit Kulit

Akibat kurangan vitamin A juga dapat membuat berbagai masalah pada kulit. Hal ini dikarenakan kemampuan sel-sel kelenjar mengalami penurunan dalam memproduksi mucus. Adapun tanda-tandanya diantaranya kulit mengalami kering dan bersisik. Selain itu, jika ada luka maka akan sulit untuk sembuh.

Penyakit Pencernaan

Organ pencernaan seperti usus memang memiliki peranan penting dalam proses pencernaan sebagai tempat pencerahan air. Sedangkan vitamin A juga berpengaruh dalam menjaga dinding-dinding yang membantu agar fungsinya bekerja secara maksimal. Maka jika Anda mengalami kekurangan vitamin A, Anda akan mengalami berbagai masalah pencernaan. Selain itu jika kondisi tersebut dibiarkan saja akan menyebabkan infeksi pada kandung kemih akibat kurangnya penyerapan air yang tidak optimal di dalam usus.

Menghambat Pertumbuhan

Apakah Anda pernah melihat bayi lahir kekurangan berat badan? Itu merupakan salah satu akibat kekurangan vitamin A. vitamin A memang memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan janin dan tulang. Selain itu tulang dan epitel ternyata sangat membutuhkan vitamin A untuk membantu dalam pembentukanya. Adapun fungsinya hanya berperan sebagai mensisntensis protein pembentukan tulang dan gigi. Maka jika tubuh mengalami kekurangan vitamin A, Anda akan mengalami berbagai masalah salah satunya penyakit akibat kekurangan kolagen.

Untuk mencegah masalah kesehatan tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan terbaik yang mengandung vitamin A. Makanan yang mengandung vitamin A sudah diukur berdasarkan satuan internasional. Umumnya seseorang memerlukan asupan vitamin A sekitar 5000 IU perhari. Berikut makanan yang mengandung vitamin A yang dapat Anda konsumsi.

  • Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin A tinggi dan sangat baik untuk kesehatan mata. Anda disarankan untuk mengonsumsi wortel setiap hari karena kandungan dalam wortel sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B, C, K, serta megnesium dan kaya akan serat. Dalam 1 wortel berukuran sedang mengandung 10.200 IU vitamin A serta 25 kalori.

  • Kubis/Kol

Sayuran berwarna hijau ini memiliki bentuk yang bulat. Kobis sangat baik untuk membuat salad karena mengandung vitamin A tinggi, kalori dan mineral. Dalam satu mangkuk parutan kubis atau kol mengandung 360 IU vitamin A dan 10 kalori.

  • ¬†Ubi Jalar

Uji jalar merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin A tinggi dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Ubi jalar selain memiliki kandungan vitamin A juga memiliki rasa yang unik dan kaya akan nutrisi. Dalam satu buah ubi jalar berukuran sedang mengandung 14.000 IU vitamin A serta 126 kalori.

  • Minyak Hati Ikan Cod

Selain mengandung vitamin A, minyak hati ikan cod juga mengandung vitamin D, mineral, dan asal lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Biasanya orang mengonsumsi minyak ikan cod dalam bentuk kapsul untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh per hari. Dalam satu sendok vitamin A mengandung 14.000 IU vitamin A dan 126 kalori.

  • Cabai

Cabai sangat disukai masyarakat Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan sangat baik untuk kesehatan karena memiliki banyak manfaat. Dalam satu sendok cabai mengandung 2080 IU vitamin A dan 16 kalori.

  • Paprika

Walaupun memiliki rasa yang cenderung pedas, bahan makanan ini jarang digunakan karena kebanyakan orang lebih memilihcabai sebagai rasa pedas di masakan, Padahal perlu Anda ketahui jika paprika memiliki kandungan vitamin A lebih banyak dibanding cabai. Dalam satu sednok vitamin A mengandung 3.448 IU vitamin A serta 20 kalori.

Baca juga artikel terkait lainnya Jenis-jenis Penyakit Kulit dan Pengobatannya.