Akibat Kekurangan Protein dalam Tubuh

By Categories : Kesehatan

Protein dibutuhkan oleh tubuh guna membantu pertumbuhan tubuh serta otot. Untuk mendapatkan asupan protein seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Terdapat banyak sumber protein yang bisa diambil dari hewan maupun tumbuhan. Untuk protein hewani misalnya seperti daging, susu, dan lain sebagainya. Sementara untuk protein nabati bisa didapatkan dari sayuran hijau.

Protein sendiri merupakan komponen senyawa organik yang berupa sulfur, oksigen, asam amino, nitrogen, fosfor, dan juga hidrogen. Untuk fungsi dari protein sendiri selain membantu pertumbuhan tubuh seperti mengatur metabolisme dalam tubuh, membentu sistem imun atau kekebalan tubuh, membantu meregenerasi sel kulit mati, membantu menyeimbangkan asam dan basa, dan banyak lagi.

Akibat Kekurangan Protein dalam Tubuh

Nah oleh sebab itu tubuh memerlukan protein untuk membantu memperkuat tubuh dari berbagai penyakit. Jika tubuh kekurangan asupan protein dapat menyebabkan berbagai permasalahan cukup serius. Lalu apa saja akibat kekurangan protein dalam tubuh? Ketahui pada pembahasannnya di bawah ini!

Berikut Akibat Kekurangan Protein dalam Tubuh

Menyebabkan Kelelahan pada Tubuh

Salah satu akibat kekurangan protein dalam tubuh adalah tubuh akan mengalami mudah lelah. Ini dikarenakan protein yang tidak cukup memenuhi kebutuha tubuh, jaringan otot akan mengalami kelelahan, sehingga tak dapat melakukan regenerasi secara cepat. Adapun efek dari kelelaha adalah kram, rematik, dan banyak lagi.

Rambut Mudah Rontok

Akibat kekurangan protein yang berikutnya adalah rambut mudah rontok. Rambut mudah rontok menjadi salah satu permasalahan serius yang masih dialami kebanyakan orang entah itu perempuan maupun laki-laki. Ketika rambut rontok secara belebihan dapat menyebabkan kebotakan yang sering dialami kebanyakan laki-laki.

Menyebabkan Penyakit Jantung

Akibat berikutnya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung. Organ jantung pada tubuh manusia yang berdetak membutuhkan asupan protein yang cukup. Sebab ketika seseorang kekurangan protein akan mempengaruhi detak jantung sehingga yang dihasilkan menjadi rendah. Ciri ciri dari penyakit jantung sering mudah mengalami sesaf nafas, mudah letih dan lesu, nafsu makan berkurang, sering batuk, dan banyak lagi.

Beresiko Gagal Hati

Gagal hati merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kehilangan fungsi hati akibat dari sel hati yang tidak mampu beregenerasi. Hal tersebut juga menjadi penyakit yang disebabkan kekurangan protein. Mengingat hal ini yang bisa membahayakan dan membutuhkan penanganan medis. Adapun ciri atau gejala dari gagal hati seperti sering merasa mual, mudah lelah, sering mengalami diare, terjadi pembengkakan hati, nafsu makan mudah menghilang, dan banyak lagi.

Beresiko Gizi Buruk

Kekurangan gizi buruk atau disebut dengan Marasmus yang sering ditemui pada bayi berusia di bawah 12 bulan. Penyebab kekurangan gizi buruk dapat disebabkan karena kekurangan protein dan juga karbohidrat. Adapun ciri-ciri dari gizi buruk seperti berat badan berkurang lebih dari 60 persen, suhu tubuh cenderung rendah, kehilangan banyak nafsu makan, dan banyak lagi.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai akibat kekurangan protein dalam tubuh yang dapat Anda ketahui.

terms: akibat kekurangan protein, kekurangan protein mengakibatkan, Bagaimana pengaruh kekurangan protein terhadap tubuh, apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan protein jelaskan, dampak kekurangan protein bagi tubuh