Akibat dari Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Tekanan darah rendah sering dialami kebanyakan orang selain tekanan darah tinggi atau disebut dengan hipertensi. Darah rendah atau disebut dengan hipotensi juga memiliki efek bagi penderitanya jika tidak cepat mendapatkan penanganan yang baik. Tekanan darah rendah berbeda dengan tekanan darah tinggi. Apabila penderita tekanan darah tinggi akan melebihi batas normal, sedangkan tekanan darah rendah cenderung berada di bawah angka normal.

Tekanan darah rendah secara umum dapat disebabkan karena beberapa faktor. Faktor-faktor penyebab tekanan darah rendah antara lain stress yang berlebihan, dehidrasi, asupan makanan bergizi kurang, anemia atau kekurangan darah, sampai dengan gangguan pada hormon endokrin. Darah rendah dapat dideteksi secara dini dengan mengetahui gejala dan akibat yang ditimbulkan. Di bawah ini terdapat beberapa akibat dari tekanan darah rendah dan cara mengatasinya.

akibat tekanan darah rendah

Berikut Akibat dari Tekanan Darah Rendah

Penglihatan Menjadi Kabur

Akibat dari darah rendah yang pertama adalah penglihatan menjadi kabur. Ketika seseorang hipotensi atau darah rendah maka akan berdampak pada penglihatan menjadi kabur. Seseorang akan sulit untuk fokus melihat objek yang berada di depannya dan penglihatan cenderung tidak jelas atau kabur.

Merasa Pusing

Akibat berikutnya adalah terlalu sering merasa pusing. Sering merasa pusing pada bagian kepala dapat disebabkan karena kurangnya pasokan darah dan juga oksigen yang menuju ke otak, sehingga membuat otak bekerja tidak maksimal yang berakibat pada pusing dan sakit kepala.

Menurunkan Konsentrasi dan Fokus

Akibat ini berkaitan dengan otak yang kurang mendapatkan pasokan oksigen dan darah akibat dari darah rendah. Dengan kurangnya kedua pasokan tersebut pada otak selain menyebabkan pusing juga menyebabkan seseorang sering mengalami kurang fokus dan konsentrasi terhadap sesuatu.

Mudah Merasa Lelah dan Lemas

Penderita akan mudah merasa lemas dan lelah. Ini dikarenakan pasokan darah dan oksigen di dalam tubuh berkurang yang bisa juga mengakibatkan tubuh akan merasa mudah lelah dan lemas. Oleh sebab itu bagi Anda yang sering merasa lelah dan lemas, alangkah baiknya untuk mengecek tensi secara berkala.

Jantung Berdebar Lebih Cepat

Akibat dari tekanan darah yang kelima jantung akan berdebar lebih cepat yang biasanya ditandai jua dengan keringat dingin. Kedua hal tersebut dikarenakan tekanan dari darah rendah yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan lebih kuat, efeknya adalah penderita sering mengalami keringat dingin disertai dengan jantung yang berdebar.

Cara Mengatasi Darah Rendah

Untuk cara mengatasi tekanan darah rendah dapat dilakukan dengan cara alami seperti mengonsumsi buah untuk penderita darah rendah, mengonsumsi daging kambing secukupnya, memperbanyak minum air putih dan menghindari minuman beralkohol, berolahraga secara teratur guna melancarkan sistem peredaran darah, serta mengurangi aktivitas berat seperti mengangkat barang-barang berat. Berikut cara mengatasi darah rendah selengkapnya.

Olahraga secara teratur

Anda tentu percaya jika olahraga yang teratur merupakan kunci utama dalam pola hidup sehat. Bahkan terdapat banyak penyakit yang dapat dihindari dengan rutin melakukan olahraga, salah satunya adalah darah rendah. Dengan olahraga maka aliran darah akan lancar dan mampu mengatasi darah rendah. Walaupun terlihat mudah tetapi olahraga secara rutin cukup sulit bagi sebagian masyarakat modern. Hal ini dikarenakan terbatasnya waktu. Untuk itu Anda harus mengatur waktu olahraga Anda.

Hindari mengangkat beban yang terlalu berat

Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah, mengangkat beban yang cukup berat dapat berakibat fatal. Anda akan mengalami pusing serta pandangan yang berkunang-kunang. bagi yang memiliki penyakit darah rendah akut, hal tersebut bahkan dapat menyebabkan orang tidak sadarkan diri atau pingsan. Sebaiknya Anda minta bantuan orang lain jika ingin mengangkat beban yang cukup berat. Tapi jika memang Anda harus mengangkat sendirian maka lakukanlah secara perlahan dan sering beristirahat.

Tidur berkualitas

Bagi seseorang yang menderita darah rendah, tidur yang kurang merupakan salah satu masalah yang serius. Orang yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya memerlukan waktu istirahat yang lebih dan berkualitas. Cobalah untuk tidur minimal 8 jam perhari agar energi tetap terjaga.

Banyak minum air putih

Sudah bukan rahasia lagi jika air putih sangat dibutuhkan untuk tubuh. Bagi penderita darah rendah disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih setiap harinya. Setidaknya 8 gelas air putih per hari. Fungsi dari air putih adalah sebagai detoksifikasi atau berfungsi membuang racun di dalam tubuh Anda. Air putih juga membantu Anda untuk memperlancar peredaran darah sehingga sangat baik untuk penderita darah rendah.

Konsumsi banyak lemak nabati

lemak nabati merupakan sumber utama yang dapat membantu Anda mengatasi darah tinggi. Lemak nabati lebih baik daripada lemak hewani. Ini karena lemak nabati akan lebih mudah dicerna dan risiko kolesterol cukup kecil. Lemak nabati yang terbaik adalah berasal dari gandum dan kacang-kacangan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa akibat dari tekanan darah rendah dan cara mengatasinya. Baca Inilah Obat Mata Minus Tradisional

Loading...