9 Obat Gatal pada Kulit dari Bahan Alami

By Categories : Kesehatan

Kulit gatal pada umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi, gigitan serangga, atau keringat. Setiap orang pastinya tidak ingin kulitnya terasa gatal-gatal akibat dari salah satu faktor penyebab tersebut. Meskipun terlihat sepele gatal pada kulit membutuhkan perhatian khusus agar tidak menimbulkan luka akibat sering digaruk.

Untuk mengatasi gatal pada kulit terdapat banyak cara. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat gatal pada kulit dari bahan alami. Dengan menggunakan bahan alami selain aman untuk kulit, karena tidak memiliki efek samping juga cukup ampuh dalam mengatasi kulit gatal. Lalu apa saja obat untuk mengatasi gatal pada kulit? Simak pada pembahasannya di bawah ini!

Obat Gatal pada Kulit dari Bahan Alami

Bahan Alami untuk Mengobati Gatal di Kulit

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dikenal sebagai tanaman herbal untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap kuat, lidah buaya juga dikenal sebagai obat gatal pada kulit alami akibat gigitan serangga ataupun iritasi. Untuk menggunakan lidah buaya cukup dengan mengambil gelnya terlebih dahulu, kemudian gosokkan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terasa gatal. Lidah buaya mengandung sifat antibakteri dan terasa dingin di kulit.

Cuka Sari Apel

Obat gatal pada kulit dari bahan alami berikutnya adalah cuka apel. Tak hanya lidah buaya saja yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit, cuka apel juga cukup ampuh dalam mengatasi gatal. Cuka apel memiliki sifat anti-jamur, antiseptic, dan juga antibakteri, sehingga mampu membantu dalam mengatasi kulit gatal. Untuk menggunakannya, cukup dengan mengoleskan cuka apel pada bagian kulit yang kiranya terasa gatal. Biarkan sampai kering terlebih dahulu sebelum dioleskan kembali.

Daun Kemangi

Obat alami berikutnya adalah daun kemangi. Siapa yang tidak kenal dengan daun kemangi? Pastinya kebanyakan orang mengenal daun kemangi dengan ciri khasnya memiliki bau harum. Daun kemangi sering digunakan sebagai tambahan lalapan sambal, karena cita rasanya yang khas. Selain untuk membantu menghilangkan bau pada keringat, daun kemangi ternyata cukup ampuh untuk mengatasi gatal. Cara penggunaannya cukup mudah yakn dengan menghaluskan daun kemangi, kemudian oleskan pada bagian kulit gatal. Zat anti-gatal yang disebut dengan thymol terkandung di dalam kemangi.

Daun Peppermint

Daun peppermint juga cukup bagus untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Sensasi dingin dari daun peppermint sendiri terasa nyaman pada bagian kulit. Dengan begitu mampu menurunkan resiko peradangan dan pembengkakan. Untuk menggunakannya cukup dengan menggosokan daun peppermint pada bagian kulit yang gatal beberapa saat, setelah itu barulah membilas dengan air bersih.

Oatmeal

Di dalam oatmeal terkandung zat yang disebut dengan avenanthramides yang mampu membantu mengurangi peradangan. Dengan begitu zat tersebut cukup mampu dalam mengatasi gatal dan iritasi. Untuk penggunaannya tambahkan sedikit air dan oatmeal secukupnya. Aduk sampai kental dan barulah oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal.

Kunyit

Obat kulit tradisional selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah kunyit. Bahan dapur yang mudah Anda dapatkan ini dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Untuk mengobati gatal pada kulit yang perlu Anda siapkan adalah kunyit yang sudah tua. Caranya adalah tumbuk kunyit tersebut dengan beberapa lembar daun sambiloto yang sudah dibersihkan. Setelah halus oleskan pada bagian kulit yang gatal.

Minyak Kelapa dan Lemon

Cara mudah mengatasi gatal pada kulit dengan bahan alami adalah menggunakan minyak kelapa dan lemon. Caranya juga cukup mudah, yakni Anda peras terlebih dahulu jeruk lemon kemudian hasil perasan tersebut dicampurkan minyak kelapa. Setelah itu Anda oleskan campuran bahan tersebut pada bagian kulit yang dirasa gatal. Biarkan hingga satu malam hingga rasa gatal benar-benar berkurang dan hilang.

Tanah Liat

Mungkin bahan yang satu ini masih jarang yang mengetahui dan terkesan aneh. Namun perlu Anda ketahui jika tanah liat mampu mengobati gatal secara alami. Terutama gatal akibat gigitan serangga atau sengatan dari serangga. Tanah liat berguna untuk menarik racun yang terdapat pada kulit sehingga rasa sakit dan gatal yang ditimbulkan dapat berkurang. Selain itu, tanah liat juga dapat mengatasi iritasi pada kulit. Caranya adalah Anda campurkan tanah liat dengan air sehingga berbentuk seperti selai kacang atau berbentuk lumpur. Oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang gatal.

Daun Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat mulai dari batang, buah, dan daunnya. Untuk emngobati rasa gatal secara alami Anda dapat memanfaatkan daun mahkota dewa. Caranya adalah tumbuk beberapa lembar daunnya hingga halus kemudian balurkan pada kulit yang gatal.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 9 obat gatal pada kulit dari bahan alami yang dapat Anda coba gunakan.

Loading...
terms: daun kemangi untuk gatal, obat gatal pada kulit, obat gatal kulit tradisional, obat gatal alami, daun kemangi untuk obat gatal, khasiAt daun kemanggi u kulit gatal, daun kemangi bisa hilangkan gatal, obat gatal gatal alami, daun kemangi jadi obat gatal, cara mengobati gatal pakay daun kemangi, cara mengobati alergi dengan daun kemangi, Tumbuhan untuk obati gatal gatal