7 Makanan Penambah ASI

By Categories : Kesehatan

Menyusui merupakan suatu kewajiban bagi seorang ibi ketika pasca melahirkan. Untuk memproduksi ASI bagi sang bayi para ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Nah bagi ibu yang sedang mencari jenis makanan yang dapat menambah ASI, berikut ini terdapat 7 makanan penambah ASI yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk para ibu. Simak ulasannya di bawah ini!

Makanan Penambah ASI

Berikut 7 Makanan Penambah ASI bagi Ibu

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung vitamin A dan vitamin C serta mineral seperti kalium, asam folat dan juga enzim papain. Pada umumnya ibu menyusui akan membutuhkan banyak protein dalam menghasilkan ASI untuk bayi. Enzim tersebutlah yang membantu untuk mencerna protein. Di samping itu pepaya merupakan buah yang mengandung banyak cairan, sehingga baik dalam mencukupi dalam memproduksi ASI. Baca juga Vitamin untuk ibu hamil.

Ikan Salmon

Makanan penambah ASI berikutnya adalah ikan salmon. Banyak orang sudah mengetahui bahwa ikan salmon mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sumber gizi yang baik seperti DHA sangat berguna untuk pertumbuhan saraf pada sang bayi. DHA sudah terdapat pada ASI, namun untuk menambahnya para ibu bisa mengonsumsi ikan salmon dengan 2 porsi dalam satu minggu.

Sayur Bayam

Sayur bayam mengandung gizi yang cukup serta mudah dicerna oleh tubuh. Sayuran hijau seperti bayam bisa menjadi rekomendasi para ibu untuk menambah ASI. Bayam mengandung vitamin B6, protein, asam folat, kalsium, dan juga kalium. Sebagai nutrisi untuk ibu menyusui vitamin B6 dan asam folat berperan penting di dalamnya. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mengonsumsinya.

Biji Wijen Hitam

Makanan penambah ASI yang berikutnya adalah biji wijen hitam. Biji wijen hitam mengandung sumber kalsium yang baik turut berperan dalam membantu peningkatan ASI. Selain mengandung kalsium, biji wijen juga mengandung tembaga. Untuk pemanfaatannyam Anda bisa menggunakannya sebagai pelengkap berbagai olahan makanan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung protein untuk mendukung dalam menghasilkan ASI bagi ibu menyusui. Kacang-kacangan seperti almon dan kacang mete merupakan jenis kacang terbaik yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui dalam meningkatkan produktivitas ASI. Bagi Anda yang sudah bosan mengonsumsinya bisa juga ditambahkan ke dalam makanan manis dan gurih untuk menambah variasi.

Bawang Putih

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan bahwa ketika ibu menyusui mengonsumsi bawang putih dalam makanannya dapat meningkatkan jumlah produksi ASI untuk bayinya. Dari sekian banyak makanan yang berguna untuk menambah jumlah ASI, bawang putih adalah yang paling mudah untuk ditemukan dan digunakan ke dalam masakan. Oleh sebab itu jangan ragu untuk menggunakan bawang putih ke dalam masakan. Namun yang perlu diingat adalah menggunakan secukupnya saja.

Daging Sapi

Makanan penambah ASI yang terakhir adalah daging sapi yang rendah lemak. Di dalam daging sapi mengandung zat besi yang cukup tinggi, nah zat besi itulah yang memberikan energi pada ibu menyusi. Selain zat besi daging sapi juga mengandung protein yang tinggi.

Itulah tadi pembahasan mengenai 7 makanan penambah ASI yang bisa Anda ketahui. Baca juga Cara diet untuk ibu menyusui.