7 Air Terjun Terindah di Indonesia

By Categories : Wisata

Terdapat banyak air terjun dengan pesonanya yang indah tersebar di wilayah Indonesia. Rata-rata air terjun yang berada di Indonesia memiliki pesona alam yang indah. Tak heran jika banyak orang yang rela mengunjungi air terjun tersebut dengan menempuh medan yang cukup jauh dan terjal hanya untuk menikmati keindahannya. Semakin tinggi tebing yang terbentuk maka air terjun akan mengalir sangat deras. Diantara banyaknya air terjun yang tersebar luas di berbagai daerah, berikut ini terdapat beberapa 7 air terjun terindah di Indonesia!

air terjun terindah di indonesia

Beberapa Air Terjun Terindah di Indonesia

Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna terletak di Kabupaten Deli Serdang di Provinsi Sumatera Utara. Sumber air terjun ini berada di ketinggian 1270 meter di atas permukaan laut. Air Terjun Dua Warna berasal dari gunung Sibayak dengan memiliki dua gradasi warna yang menarik yaitu warna putih dan juga biru muda. Dengan warna tersebut membuat air terjun ini menarik hari para wisatawan untuk mengunjunginya. Untuk mencapai lokasi, para wisatawan harus melewati hutan belantara selama kurang lebih 2 – 3 jam. Ada juga jasa pemandu wisata yang siap menemani.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Kecamatan Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mecapai Air Terjun Sri Gethuk, Anda harus melewati terlebih hutan kayu putih, dan juga ladang pohon jati. Barulah setelah itu Anda bisa memilih jalan setapak dengan pesona sawah atau juga melewati sungai Oyo dengan menggunakan rakit. Tentunya air terjun ini memiliki pesona keindahan dengan aliran air serta pemandangan yang asri dan sejuk.

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun terindah berikutnya adalah Air Terjun Sendang Gile yang terletak di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Seperti halnya dengan air terjun pada umumnya, air terjun yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 600 meter di atas permukaan laut serta memiliki ketinggian mecapai 31 meter. Air Terjun Sendang Gile termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo terletak di Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe di Sulwaesi Tenggara. Air Terjun Moramo terbentuk dari bebatuan granit besar yang dialiri air yang deras. Pesona air terjun ini banyak mengundang para wisatawan untuk mengunjunginya. Di tempat ini pengunjung akan disuguhi pemandangan seperti pesona alam yang hijau, suara kicauan burung, serta dapat menjumpai anoa dan monyet hitam bila beruntung. Air terjun Moramo memiliki bentuk bertingkat dengan 7 buah undakan air terjun dan puluhan undakan kecil yang berbeda, salah satunya berupa kolam kecil.

Air Terjun Madakaripura

Terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggi membuat air terjun ini menjadi salah satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian 620 meter di atas permukaan laut. Tempat ini dipercaya warga sekitar sebagai tempat meditasinya Patih Gajah Mada. Bagi Anda yang akan berkunjung ke air terjun ini jangan lupa untuk membawa jas hujan. Ini dikarenakan untuk berjaga-jaga jika hujan mengguyur serta embun dan cipratan air yang dingin.

Air Terjun Saluopa

Salah satu air terjun terindah dan terpopuler di Indonesia ini berada di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lebih tepatnya berjarak sekitar 12 km sebelah barat Kota Tentena. Keindahan air terjun ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara. Air Terjun Saluopo memiliki ketinggian 25 meter dan memiliki sumber mata air yang mengalir dari puncak gunung dan melewati bebatuan sebanyak 12 tingktan. Di tiap tingkatan terdapat bebatuan sebagai akses untuk para wisatawan untuk menuju tingkatan air terjun. Yang menarik dari air terjun ini adalah terdapat hutan tropis yang dihuni oleh berbagai macam fauna.

Air Terjun Mursala

Air terjun ini memiliki pemandangan air yang sangat indah. Salah satu air terjun terbaik di Indonesa ini dialiri air yang jatuh dari tebing menuju ke laut lepas. Air terjun Mursala berada di Pulau Mursala dan berada di antara Pulau Sumatera dan pulau Nias, tepatnya di Koabupaten Tapanuli Tengah. Air terjun Mursala memiliki ketinggian 35 meter dan aliran air tersebut mengalir malalui bebatuan granit berwarna hitam kemerahan dan jatuh ke permukaan Samudera Hindia. Debit air di air terjun ini tidak pernah kering walaupun sedang musim kemarau. Pada perairan di bawah air terjun terdapat terumbu karang langka, coral reef. Untuk menikmati keindahan air terjun Mursala Anda dapat menyewa kapal dan berlayar di sekitar air terjun. Anda juga dapat melakukan aktivitas lain seperti snorkeling di bawah air terjun Mursala.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai 7 air terjun terindah di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata saat liburan. Baca juga Tempat Wisata di Semarang yang Paling Menarik

terms: air terjun terindah di indonesia