5 Teknik Komunikasi yang Efektif

By Categories : Umum

Menurut berbagai survei, hampir sekitar 85% komunikasi yang baik dan efektif menentukan kesuksesan seseorang. Komunikasi yang baik mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Oleh karena itu, setiap orang perlu memiliki kemampuan komunikasi efektif dalam berhubungan dengan orang lain.

Terkadang terdapat tipe orang yang kurang suka berkomunikasi, padahal kurangnya berkomunikasi akan memengaruhi sikap sosialisme terhadap lingkungan sekitar. Sikap sosialisme dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat untuk menjalin hubungan yang baik antar sesama manusia. Untuk komunikasi yang efektif diperlukan berbagai hal yang perlu diperhatikan.

5 Teknik Komunikasi yang EfektifHal ini berlaku ketika seseorang melakukan interview kerja yang akan dilihat dari cara berkomunikasi, sikap penampilan oleh si pewawancara. Bahkan dalam interview komunikasi menjadi kunci penting untuk menentukan sukses apa tidaknya interview tersebut. Nah untuk Anda yang merasa kurang komunikatif ketika bertemu dengan teman atau orang baru, berikut teknik komunikasi yang efektif.

Berikut 5 Teknik Komunikasi yang Efektif

Memberikan Kontak Mata

Memberikan kontak mata saat berkomunikasi menjadi hal yang penting yang perlu diperhatikan. Dengan adanya kontak mata saat berkomunikasi menandakan bahwa diri kita percaya diri ketika berbicara dengan orang lain asalkan tidak berlebihan. Di samping itu orang lain akan lebih percaya dan memperhatikan apa yang sedang Anda katakan. Bagi Anda yang sering kurang percaya diri saat berbicara dengan menatap mata, maka mulailah untuk melatihya.

Beradaptasi dengan Bahasa Tubuh

Anda perlu memperhatikan bahasa tubuh dan nada suara lawan bicara Anda. Dari sudut pandang yang satu ini berarti Anda perlu menyesuaikan kata-kata dengan bahasa tubuh serta nada berbicara sehingga mereka akan merespon Anda secara positif.

Memberikan Senyuman Anda

Tidak hanya berbicara saja, tetapi jangan lupa untuk memberikan senyuman terbaik Anda. Ketika Anda berbicara dengan adanya senyuman, maka mereka menganggap dengan kehadirannya membawa kebahagiaan. Dengan adanya senyuman, maka lawan berbicara Anda akan memberikan senyuman sehingga akan menciptakan hubungan yang lebih baik dikedua belah pihak.

Mengungkapkan Mengenai Diri Sendiri

Teknik komunikasi yang efektif selanjutnya adalah mengungkapkan tentang diri Anda sendiri. Cara yang satu ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keperayaan dari orang lain yaitu dengan mengungkapkan diri sendiri. Misal saja Anda bercerita mengenai hal terbaik yang pernah ada di kehidupan Anda. Namun yang perlu diperhatikan jangan menyimpang terlalu jauh ketika Anda menceritakan diri sendiri. Biarkan mereka mengetahui diri Anda lebih jauh dengan seiringnya waktu yang berjalan.

Memberikan Kesan Antusias untuk Berbicara dengan Mereka

Memberikan rasa antusias lebih ketika berbicara dengan mereka. Anda dapat memberikan kesan bahwa Anda sangat antusias berbicara dengan mereka. Hal itu akan membuat lawan bicara Anda lebih berpikir positif dan percaya diri. Dengan begitu mereka akan lebih merasa terbuka dengan percakapan yang lebih mendalam dengan Anda.

Nah itulah tadi 5 teknik komunikasi yang efektif, adapun teknik lainnya seperti memperhatikan ketika lawan sedang bicara, pada umumnya seseorang memperhatikan lawan bicara maka mereka juga akan memperhatikan saat Anda bicara. Baca juga Tips wawancara kerja yang baik.

terms: teknik komunikasi, sebutkan teknik komunikasi, teknik komunikasi efektif, 5 teknik komunikasi, sebutkan dan jelaskan tehnik komunikasi