5 Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Ubi jalar merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ubi jalar sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun di pasar modern. Ubi jalar dapat mudah tumbuh di Indonesia sekaligus cara budidaya yang tergolong tidak terlalu sulit. Meskipun terlihat sebagai makanan tradisional dan dianggap sepele, namun ubi jalar memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Meskipun memililiki banyak nutrisi yang bisa diambil dari ubi jalar, Anda tetap perlu memperhatikan untuk tidak berlebihan ketika mengonsumsinya. Nah bagi Anda yang belummengetahui apa saja manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh, tidak ada salahnya jika membaca pada ulasan di bawah ini!

5 Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

Membantu untuk Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh adalah membantu untuk mencegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang biasanya ditandai dengan luka yang tidak kunjung sembuh. Ini dikarenakan ubi jalar mengandung indeks glikemik yang tergolong rendah. Berdasarkan penelitian yang ada mengonsumsi ubi jalar mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh serta resistensi insulin bagi mereka penderita penyakit diabetes.

Membantu Mengurangi Tekanan Darah dalam Tubuh

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan yang kedua adalah membantu mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Health and Nutrition Examination Survey menyatakan bahwa satu ubi jalar saja mengandung sekitar 512 miligram yang bisa membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi sebanyak 20 persen. Hal serupa ini juga bisa ditemukan melalui buah mangga dan pisang.

Membantu Mengatasi Peradangan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Medicinal Food ekstrak yang ditemukan pada ubi jalar ungu mempunyai efek anti inflamasi serta antilipogenic positif. Selain itu ubi jalar juga terkandung senyawa kolin yang dapat membantu proses penyerapan lemak serta mengurangi inflamasi. Semua senyawa tersebut berperan penting dalam mengatasi peradangan dalam tubuh.

Membantu dalam Menjaga Kesehatan Mata

Berdasarkan Duke yang merupakan dokter mata Jill Koury, MD bahwa kekurangan vitamin A dapat mengurangi kinerja mata menjadi kurang maksimal. Untuk itu tubuh manusia memerlukan asupan vitamin A dengan mengonsumsi makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Berdasarkan berbagai catatan yang ada ubi jalar mengandung vitamin C dan E yang sudah terbukti mendukung dalam mencegah terjadinya kerusakan degneratif dan membantu kesehatan mata.

Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat ubi jalar yang kelima adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Kesehatan pencernaan tubuh sangat perlu untuk diperhatikan agar tidak mengalami permasalahan seperti sembelit atau susah buang air besar. Untuk itu tubuh mendapatkan asupan serat yang cukup agar terhindari dari permasalahan pada pencernaan. Serat di dalam ubi jalar juga membantu menjaga agar pencernaan lebih sehat.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui.