5 Bahaya Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer

By Categories : Kesehatan

Duduk di depan monitor komputer terlalu lama memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Bagi mereka yang sering duduk terlalu lama di depan monitor akibat dari tuntutan pekerjaan menjadi hal yang sudah biasa. Padahal tanpa di sadari duduk terlalu lama di depan monitor menyebabkan beberapa permasalahan serius. Apalagi jika dalam waktu 8 jam sehari. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja bahaya terlalu lama duduk di depan komputer, simak ulasannya di bawah ini!

5 Bahaya Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer

Berikut Bahaya Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer

Gangguan pada Penglihatan

Bahaya terlalu lama duduk di depan komputer pertama adalah terganggunya sistem penglihatan yang menyebabkan mata menjadi minus. Ini dikarenakan organ mata terus fokus menatap layar monitor dalam jangka waktu berjam-jam. Otot-otot mata menjadi tegang yang dapat mengakibatkan gangguan pada penglihatan seperti mata minus. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya jika Anda jalan-jalan sebentar untuk mengistirahatkan mata beberapa saat. Selain itu cukupi pula dengan buah yang mengandung vitamin A.

Dapat Menyebabkan Obesitas

Bahaya berikutnya adalah dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Ketika berada di depan monitor dalam waktu paling tidak 8 jam sehari membuat lemak menumpuk yang berakibat pinggang menjadi lebih besar. Di samping itu juga menyebabkan meningkatnya kolesterol jahat Dalam tubuh. Peneliti dari University of Queensland Dr. Genevieve menyatakan pergerakan kecil seperti berdiri selama beberapa menit dapat membantu menurunkan resiko obesitas atau kegemukan.

Sakit pada Bagian Punggung

Sakit pada bagian punggung juga menjadi penyebab terlalu lama duduk ketika bermain komputer. Tidak hanya dapat menyebabkan sakit pada bagian punggung tetapi juga menyebabkan posisi tubuh yang cenderung membungkuk. Untuk itu antara posisi meja dan kursi harus seimbang dan memperhatikan pula cara duduk yang benar.

Menyebabkan Sakit Kepala

Bahaya terlalu lama duduk di depan komputer berikutnya adalah dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Rasa sakit kepala atau pusing dapat disebabkan pula karena mata terlalu lama menatap layar komputer. Apalagi jika harus berhadapan dengan layar paling tidak 8 jam. Sakit kepala sering dialami oleh mereka yang terlalu lama duduk dan menatap layar komputer. Untuk mengatasinya cukup dengan memejamkan mata selama beberapa menit atau berdiri dengan berjalan di sekitar ruangan agar mata tidak terlalu lelah.

Dapat Menyebabkan Sakit Jantung

Serangan jantung dapat disebabkan karena pola hidup tak sehat seperti merokok, minuman beralkohol, makanan yang mengandung lemak jahat, dan banyak lagi. Namun tahukah Anda menurut para ahli duduk dengan jangka waktu berjam-jam setiap harinya dapat menyebabkan resiko serangan jantung pada seseorang tinggi. Peneliti di University of College London menyatakan bagi mereka yang sering berhadapan dengan layar selama 11 jam sehari dapat meningkatkan resiko serangan jantung dengan persentase sebesar 67 persen.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai bahaya duduk terlalu lama di depan komputer yang perlu Anda waspadai. Untuk baiknya melakukan olahrahga serta mengonsumsi makanan sehat.

Loading...