4 Jenis Minyak Goreng yang Sehat

By Categories : Umum

Minyak goreng menjadi salah satu bahan yang tidak bisa dihindari ketika memasak. Pada umumnya minyak goreng yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah kesehatan salah satunya adalah penyakit jantung dan penyakit kanker yang mengancam. Adapun jenis minyak goreng yang sering digunakan kebanyakan orang di antaranya seperti minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit.

Secara medis penggunaan minyak goreng berulang kali tidak sehat bagi kesehatan. HalĀ ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker akibat penggunaan minyak yang sama atau digunakan berulang kali. Berikut ini terdapat beberapa jenis minyak goreng yang sehat yang bisa Anda gunakan selain minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit!

Jenis Minyak Goreng yang Sehat

Berikut 4 Jenis Minyak Goreng yang Sehat

Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini berasal dari kawasan timur tengah yang dipercaya memiliki banyak khasiat selama berabad-abad. Minyak zaitun banyak memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Namun Anda perlu tahu bahwa minyak zaitun termasukĀ ke dalam minyak sehat yang memiliki kandungan lemak jenuh yang persentasenya sangat rendah. Jika dibandingkan dengan mentega sekalipun tetap minyak zaitun yang lebih unggul. Menggunakan minyak zaitun dalam memasak merupakan cara sehat yang bisa dilakukan. Adapun manfaat dari minyak zaitun adalah untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan begitu minyak yang satu ini baik untuk jantung, mencegah hipertensi, pendamping untuk diet, dan banyak lagi. Baca juga Tips mengobati asam urat.

Minyak Ikan

Jenis minyak goreng yang sehat selanjutnya adalah minyak ikan. Tentu Anda sudah mengetahui manfaat minyak ikan yang mengandung banyak nutrisi. Selain mengandung banyak nutrisi, minyak ikan juga rendah lemak yang baik untuk tubuh. Minyak ikan ini berfungsi untuk menjaga sistem imun atau kekebalan pada tubuh karena terdapat unsur senyawa magnesium, besi, dan juga omega 3 tentunya. Secara spesifik fungsi minyak ikan di antaranya adalah membantu meningkatkan kecerdasan pada anak dengan memaksimalkan fungsi sel otak.

Minyak Kedelai

Seperti namanya, minyak kedelai berasal dari ekstrak dari kedelai yang sudah mengalami berbagai proses. Minyak kedelai mengandung antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dari bahaya radikal bebas. Disamping mengandung antioksidan alami, minyak kedelai juga memiliki kandungan omega 3 asam lemak serta mengandung lemak tak jenuh.

Mentega

Jenis minyak goreng yang sehat yang terakhir adalah mentega, karena dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit. Ini dikarenakan sifat mentega yang meleleh ketika terkena panas. Selain itu sifat panas yang hampir sama dengan minyak goreng membuat mentega dapat memasak makanan sampai dengan matang. Mentega memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, E, dan K sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Dibandingkan dengan minyak goreng biasa, mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah.

Nah itulah 4 jenis minyak goreng yang sehat untuk tubuh. Adapun minyak goreng sehat lainnya seperti minyak yang berasal dari biji bunga matahari atau juga minyak canola yang dapat digunakan untuk menggoreng. Baca juga Cara mengatasi tekanan darah tinggi.

terms: merk minyak goreng untuk diet, pengganti minyak goreng untuk diet, minyak goreng untuk diet, Pengganti minyak goreng, minyak untuk diet