Objek Wisata Surabaya Paling Terkenal

By Categories : Wisata

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai oleh-oleh khas Surabaya paling terkenal, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak cukup tahu berbagai objek wisata di Surabaya. Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki pesona keindahan yang tidak kalah dengan kota lainnya. Kota yang memiliki julukan kota Pahlawan ini merupakan ibu kota Jawa Timur yang wajib untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Tapi sebelum kita membahas mengenai objek wisata Surabaya, terdapat hal yang menarik untuk kita bahas yaitu sejarah tentang kota Surabaya.

Kota Surabaya memiliki julukan sebagai kota pahlawan, hal ini dikarenakan dalam masa reformasi kemerdekaan Indonesia telah terjadi sebuah pertempuran yang sangat hebat antara rakyat dan tentara penjajah. Sedangkan untuk nama Surabaya tersebut berawal dari era Majapahit yang menyatakan pada saat itu terjadi pertarungan hebat antara Sura (hiu) dengan Baya (Buaya) yang  bertujuan untuk mendapatkan pengakuan menjadi hewan yang terkuat. Dari peristiwa tersebut nama kota Surabaya berasal. Itulah sedikit sejarah kota Surabaya yang dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan sejarah kota Surabaya. Nah seperti yang sudah di janjikan di atas kita akan membahas mengenai objek wisata Surabaya yang paling terkenal. Adapun penjelasannya simak ulasan berikut ini!

Objek Wisata Surabaya Paling Terkenal1

Daftar Objek Wisata Surabaya Paling Menarik

Tugu Pahlawan

Inilah merupakan salah satu tempat atau monumen untuk mengingatkan keberanian arek-arek Surabaya dalam melawan tentara sekutu. Tugu pahlawan ini memiliki tinggi 41.15 meter berbentuk lingga atau paku yang terbalik. Selain itu tugu pahlawan ini memiliki lengkungan sebanyak 10 lengkungan yang memiliki makna tersendiri. Jika Anda ingin tahu makna mengenai tugu pahlawan tersebut, Anda bisa berkunjung langsung ke tugu pahlawan tepatnya di jalan Pahlawan kota Surabaya.

Taman Bungkul

Taman bungkul ini juga salah satu objek wisata Surabaya paling terkenal. Taman yang berada di jalan Raya Darmo, Surabaya ini menjadi salah satu tempat favorit untuk kumpul-kumpul warga Surabaya. Jika Anda berkunjung di taman Bungkul ini selain Anda dapat menikmati berbagai hiburan dan kebudayaan yang sering digelar di Taman Bungkul, Anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas Surabaya.

Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan mangrove Wonorejo ini juga tidak kalah indahnya dengan objek wisata Surabaya lainnya. Nah bagi Anda yang ingin berwisata untuk menikmati ketenangan alam, wisata hutan mangrove bisa menjadi pilihan alternatif Anda ketika berkunjung ke kota Surabaya. Disana Anda akan disuguhkan pemandangan hijau yang berasal dari hutan mangrove dan Anda juga bisa menyusuri hutan dengan berjalan kaki di atas jembatan bambu yang sangat menyenangkan.

Jembatan Suramadu

Objek wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Jembatan Suramadu. Jembatan ini berada di selat Madura. Sesuai dengan namanya, jembatan ini merupakan penghubung kota Surabaya dengan Madura yang memiliki panjang hingga 5,5 km. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah untuk mempercepat pembangunan Madura. Namun hingga kini Jembatan Suramadu menjadi onjek wisata yang menarik di kota Pahlawan ini.

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah tempat wisata yang memiliki banyak wahana air terbesar di Surabaya. Luasnya mencapai 5 hektar dan berlokasi di Surabaya Barat. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah memiliki tema seperti dongeng petualangan Sinbad sehingga sangat disukai oleh anak-anak. Kolam yang ada di Ciputra Waterpark dirancang tidak untuk berenang, melainkan untuk bermain air sehingga kedalamannya tidak lebih dari 1 meter. Harga tiket masuk di tempat ini pada hari biasa adalah Rp 70 ribu dan Rp 90 ribu pada hari libur atau akhir pekan.

Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata yang satu ini cukup populer bagi masyarakat Surabaya. Kebun Binatang ini sangat cocok untuk wisata keluarga terutama bagi anak anak. Salah satu kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara ini memiliki luas hingga 37 hektar. Di sini Anda dapat mengenal banyak satwa yang berasal dari seluruh dunia. Untuk masuk ke Kebun Binatang Surabaya Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15 ribu.

House of Sampoerna

Objek wisata Surabaya yang terkenal lainnya adalah House of Sampoerna. Ini merupakan museum yang berlokasi di Surabaya Lama dan salah satu bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. House of Sampoerna memiliki bangunan bergaya Belanda dengan tiang depan yang cukup unik berbentuk rokok. Museum ini memiliki banyak koleksi seperti alat pengolah tampbakau, berbagai macam pematik replika kios, alat musik zaman dahulu, dan sebagainya. Selain itu, di museum ini Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan rokok yang berada di lantai dua Hous of Sampoerna.

Nah itulah beberapa tempat atau objek wisata Surabaya yang paling terkenal yang dapat Anda kunjungi. Adapun wisata di Surabaya lainnya adalah Monumen kapal selam, pantai Kenjeren, dan Rumah Batik.